Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Digelar di Pagatan

0

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu (Tanbu) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mengelar lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG), Selasa (29/3/2022) di Gedung 7 Februari, Pagatan Kecamatan Kusan Hilir.

TEMA yang diambil dalam lomba adalah “Mewujudkan Bersama Kreativitas dan Kemandirian Masyarakat Dalam Memanfaatkan Sumberdaya Alam Lokal”. Penggerak Swadaya Masyarakat dari Dinas PMD Alipin mengungkapkan kehadiran inovasi TTG selama ini dapat menjawab permasalahan dan kebutuhan dalam berbagai bidang yang ada di masyarakat. “Kehadirannya juga dapat dimanfaatkan masyarakat dengan mudah, memiliki nilai tambah dari segi ekonomi, juga ramah lingkungan,” ucapnya.

BACA: Dispersip Tanbu Rakor Akuisisi Arsip Statis

Alipin menjelaskan, tujuan lomba itu adalah mendorong kreativitas dan inovasi di masyarakat, memasyarakatkan pemanfaatan TTG yang sudah ada untuk peningkatan produkltifitas dan perekonomian masyarakat, serta meningkatkan pemanfaatan TTG menuju keunggulan kompetitif daerah.

Dalam ajang itu juga, Ia berharap terjadi transfer ilmu dan keahlian antar pegiat TTG untuk peningkatan kualitas dan pendayaguaan TTG di masa akan datang dalam program pemberdayaan masyarakat di Bumi Bersujud.

Sebagai informasi, ada 6 peserta yang mengikuti lomba yang berasal dari 5 kecamatan dan 1 dari Politeknik Batulicin. Mereka menampilkan inovasi TTG seperti mesin pencacah pakan ternak, pemipil jagung, pembuat tusuk sate dan alat lainnya. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.