Malam Tutup Buku catatan Amal Setahun, Masjid Sultan Suriansyah Memutih

0

MASJID Sultan Suriansyah memutih. Ratusan jamaah khususnya dari kawasan Kuin Utara dan sekitarnya memadati masjid tertua di Kalimantan Selatan ini. Masjid yang dibangun raja pertama Kesultanan Banjar, Sultan Suriansyah ini mengisi malam peribadatan dengan khidmat.

JAMAAH mengikuti prosesi shalat Maghrib dilanjutkan pembacaan surat Yasin tiga kali dalam malam pertengahan bulan Syaban (Nisfu Syaban) jatuh pada Kamis (17/3/2022) malam.

Shalat Maghrib berjamaah ini diimami Ustadz Nawawi. Berikutnya, jamaah pun mengikuti ritual keagamaan seperti shalat sunat hajat dan lainnya, ditutup dengan shalat Isya berjamaah.

Suasana malam Nisfu Syaban terasa khidmat dan penuh makna, karena ruangan induk Masjid Sultan Suriansyah penuh jamaah, hingga meluber ke halaman samping dan belakang masjid di Jalan Kuin Utara, Banjarmasin Utara itu.

BACA : Kepala Kemenag Kalsel Imbau Malam Peribadatan Nisfu Syaban di Rumah Saja

“Saya sengaja datang bersama keluarga sejak sore, agar mendapatkan tempat di ruangan Masjid Sultan Suriansyah ini,” ucap Utuh, warga Kuin Utara kepada jejakrekam.com Kamis (17/3/2022).

Dikatakan Utuh, malam Nisfu Sya’ban sengaja ditunggu, karena malam ini segala doa dikabulkan, khususnya meminta dipanjangkan umur, dimurahkan rezeki serta ditetapkan iman jelang bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah.

BACA JUGA : Mengejar Keberkahan Malam Penutup Catatan Amal di Malam Nisfu Sya’ban

“Semoga amal ibadah keluarga kami selama setahun ini diterima Allah SWT. Sebab, malam Nisfu Syaban merupakan malam ditutupnya buku untuk segala catatan amal selama tahun,” ucap Utuh.

Berdasar riwayat sahabat Nabi Muhammad SAW dan  perkataan para ulama menganjurkan di malam Nisfu Syaban hingga jelang shalat Subuh agar memperbanyak amalan kebaikan. Salah satunya melaksanakan shalat-shalat sunat seperti shalat taubat, hajat, tasbih dan lainnya di malam pertengahan bulan Syaban atau pada tanggal 15 dalam kalender Hijriyah.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.