BPBD Tanah Bumbu Waspadai Potensi Bencana Berdasar Peringatan Dini BMKG

0

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca untuk wilayah Kabupaten Tanah Bumbu akan diguyur hujan.

WARGA diminta waspada dengan perubahan cuaca yang terjadi. Berdasarkan laporan harian Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) BPBD Tanah Bumbu, yang bersumber dari BMKG untuk perkiraan cuaca untuk pagi hari cerah berawan.

Diperkirakan saat itu suhu mencapai 26° celcius dengan kelembapan 85 persen. Kecepatan angin 10 KM/Jam dari arah Timur Laut.

BACA: BPBD Tanbu Ikuti Rakornas Penanggulangan Bencana 2022

Sementara, perkiraan cuaca untuk siang harinya berubah menjadi hujan petir. Suhu naik menjadi 32° celcius dengan kelembapan 60 persen. Kecepatan angin menjadi 0 KM/Jam.

Sedangkan cuaca saat ini secara visual cerah berawan.

“Peringatan dini, waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang hari di wilayah Kabupaten Kotabaru, Tanah Bumbu, dan sekitarnya,” kata Kalak BPBD Tanbu Eryanto Rais melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Muhammad Faisal.

BACA JUGA: Eryanto Minta TRC-PB dan Relawan PB-BPBD Tanbu Pantau Daerah Rawan Bencana

Dilaporkan, keadaan Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kabupaten Tanah Bumbu yakni Sungai Batulicin dalam keadaan normal, Sungai Satui-normal, Sungai Kusan-normal.

Selain itu, titik hotspot di 12 kecamatan nihil. Pengidap ISPU-nihil, pengidap ISPA-nihil, dan tidak ada kejadian yang signifikan.

Muhammad Faisal mengimbau kepada petugas TRC-PB/Relawan-PB BPBD Tanah Bumbu, agar terus memantau daerah yang berpotensi puting beliung, longsor, banjir dan diminta melaporkan perkembangan dilapangan.(jejakrekam)

Penulis Muaz
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.