BPBD Tanbu Ikuti Rakornas Penanggulangan Bencana 2022

0

PEMERINTAH Kabupaten melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu (Tanbu) mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana 2022 di Istana Bogor secara virtual bertempat di Digital Live Room Tanah Bumbu.

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) membuka Rakornas Penanggulangan Bencana 2022 yang diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pada Rabu (23/2/2022).

Jokowi mengucapkan terima kasih kepada BNPB serta BPBD yang telah berdedikasi membantu masyarakat dalam mengahadapi berbagai bencana di Indonesia. “Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran BNPB dan BPBD di seluruh tanah air Indonesia atas dedikasi dan kerja kerasnya dalam membantu masyarakat di seluruh pelosok Indonesia dalam menghadapi berbagai bencana alam dan juga dalam menghadapi Covid-19,” ujar Presiden ke-7 RI ini.

BACA: Bantu Penanganan Bencana, BNPB Suplai Mobil Tangki Air ke BPBD Tanbu

Lebih jauh, Ia mengungkapkan, bencana telah menjadi keseharian warga masyarakat karena Indonesia dilingkari oleh ring of fire. Bahkan, Indonesia pun termasuk 35 negara yang paling rawan resiko bencana di dunia. “Hampir setiap hari ada bencana di beberapa wilayah di negara kita Indonesia,” sebutnya.

Akibatnya, bebernya, resiko kerugian akibat bencana tersebut juga berdampak besar baik dalam jumlah korban maupun kerugian material. “Penanggulangan bencana harus secara terpadu, secara sistematik dan rencana induk penanggulangan bencana tahun 2020 – 2044, dibutuhkan komitmen penuh tanggung jawab dalam pelaksanaannya,” harapnya.

Untuk itu, jelasnya, semua tahapan harus dilaksanakan secara disiplin dan konsisten, sehingga Indonesia menjadi bangsa yang tangguh. “Kegiatan dalam rangka mewujudkan ketahanan bangsa terhadap bencana,” imbuhnya.

BNPB menggelar Rakornas bertema, “Meningkatkan Kolaborasi dan Integrasi dalam Mewujudkan Ketangguhan Bangsa Menghadapi Bencana”. (jejakrekam) 

Penulis Muaz

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.