Suguhkan Wadai Jadul, Warung Banua Buka Sejak Sore hingga Malam Hari

0

INGIN menikmati kue-kue jaman dulu (jadul)? Biasanya kita bisa mendapatinya di warung atau pasar-pasar tradisional.

NAMUN tenang. Saat ini bagi warga Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), bisa menikmati kue-kue atau wadai jadul di Warung Banua.

Warung Banua yang didesain ala kafe kekinian ini berlokasi Desa Karasikan, Kecamatan Sungai Raya. Letak warung ini berseberangan dengan lokasi proyek pembangunan komplek Islamic Center, Kandangan.

BACA : Lamang Kandangan nan Gurih, Penganan Khas HSS yang Wajib Dibeli Jadi Oleh-Oleh

“Warung Banua ini menyediakan aneka kue tradisional. Kami ingin mengenalkan kepada masyarakat mengenai kearifan lokal yang mungkin sudah dilupakan generasi sekarang,” ucap pengelola Warung Banua, Farid kepada awak media di Kandangan, Jumat (4/2/2022).

Menurut dia, sebenarnya wadai jajanan jadul dari segi rasa tidak kalah bersaing dengan penganan kekinian. Wadai-wadai tradisional ini pun merupakan produksi dari rumah tangga. Khususnya, para pembuat kue yang ada di Kabupaten HSS.

BACA JUGA : Bermula Untuk Hidangan Acara Keluarga, Kue Ipau Kini Jadi Primadona Saat Puasa

“Silakan para pengrajin kue tradisional menaruh atau menitipkan produknya di Warung Banua untuk dijual. Untuk jam buka sejak pukul 14.00 hingga tutup pada pukul 22.00 Wita,” ungkap Farid.

Pengunjung Warung Banua, Sanah mengaku senang bisa menikmati lagi kue-kue atau wadai tradisional jadul. Sebab, menurut dia, wadai jadul itu sudah sangat jarang dijual atau dijumpai di warung maupun pasar tradisional. “Dengan adanya kue-kue tradisional ini, bisa mengobati rasa rindu terhadap wadai zaman dulu,” ujar Sanah.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.