Temu Alumni UII, Menkopolhukam Prof Mahfud MD Sebut Banyak Tahu Hukum Tapi Tidak Sadar Hukum

0

MENTERI Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Prof Mahfud MD, membuka  seminar nasional bertajuk “Politik Hukum dalam Reformasi Sistem Peradilan di Indonesia” di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Selasa (21/12/2021).

SEMINAR nasional tersebut merupakan rangkaian kegiatan pelantikan Pengurus DPW Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia (IKA UII) masa bakti 2020-2025 Provinsi Kalsel, Dies Natalis Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ke-21 dan memorandum of understanding (MoU) ULM Banjarmasin dengan Universitas Islam Indonesia.

Profesor Mahfud MD menyampaikan, budaya hukum di Indonesia saat ini banyak yang tahu dengan hukum. Namun, kata dia, tidak tunduk dengan hukum.

Hal ini dikarenakan hukum dianggap hanya aturan resmi, padahal adanya hukum terinspirasi dari nilai agama, moral, etika dan lain sebagainya.

“Kalau mau tapi tidak tahu juga tidak sadar hukum, karena yang dilakukan tanpa kesadaran apa-apa, kan itu budaya hukum kita. Banyak yang tahu hukum tapi tidak mau,” papar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini.

BACA : Raih Suara Mayoritas, Abdul Halim Barkatullah Pimpin DPW IKA UII Kalsel

Sementara itu, Ketua DPW IKA UII Kalsel, Prof Abdul Halim Barkatullah mengucap syukur dan berterimakasih kepada keluarga besar yang tergabung dalam DPW IKA UII Provinsi Kalsel.

Halim Barkatullah berharap dengan agenda kegiatan hari ini yakni Dies Natalis ULM Banjarmasin ke-21 kemudian pelantikan pengurus dan kerjasama kedua universitas tersebut bisa memberi kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat Kalsel. Khususnya, untuk kemajuan pendidikan dan kemajuan Banua

“Ini menjadi pemacu kita bagaimana kegiatan kedepan dapat dilakukan bersama-sama,” kata Dekan Fakultas Hukum ULM ini.

BACA JUGA : Pakar Fikih Lingkungan UIN Antasari Sebut Bangunan di Atas Sungai Langgar Hukum Islam

Rektor Universitas Islam Indonesia, Prof Fathul Wahid mengataka adanya nota kesepakatan antara ULM dengan UII tentu akan terjalin hubungan yang baik, khususnya terhadap para alumni.

“Para alumni adalah aset berharga yang harus dijaga. Semoga para alumni bisa memberi kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat Kalsel,” pungkas Fathul Wahid.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.