Husairi Abdi

Gerek Angka Vaksinasi Kalsel di Akhir Tahun, BIN Sasar Desa Terpencil di Tabalong

0

GERAKAN dari pintu ke pintu demi menggerek angka vaksinasi Covid-19 di Kalimantan Selatan dilakoni jajaran Badan Intelijen Negara (BIN).

TIM vaksinator BIN Provinsi Kalsel harus menerobos jalan berlumpur dengan motor trail menuju Desa Sungai Kumap, Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong, Jum’at (17/12/2021).

Hal ini demi menggenjot target vaksinasi 70 persen akhir tahun 2021 di Kalsel bisa tercapai. Tak mengherankan, satu per satu rumah warga di Desa Sungai Kumap didatangi petugas BIN bersama tim vaksinator.

Mereka mengedukasi sekaligus menyosialisasikan pentingnya vaksin di tengah pandemi agar mendapat rasa aman dan keselamatan bagi penerima vaksin.

Diketahui, BIN Kalsel terus menggerakkan vaksinasi hingga ke wilayah terjauh di Kalse. Terhitung selama Desember 2021 telah menyiapkan vaksin Covid-19 sebanyak 37.600 dosis untuk masyarakat, terutama kelompok lansia dan pelajar.

BACA : Dukung Tercapainya Target Vaksinasi, BINDA Kalsel Kembali Gelar Vaksin Massal di Balangan

Kepala BIN Daerah Kalsel, Heri Armanto  mengatakan, pihaknya bersama tim tenaga kesehatan menyasar warga di pedalaman tersebut yang kesulitan menjangkau lokasi fasilitas layanan kesehatan umum.

Menurut Heri, kegiatan tersebut untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang kesulitan menjangkau lokasi vaksinasi.

“Dan sesuai arahan Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN Jendral Pol (Purn) Budi Gunawan, guna mencapai target herd immunity 70 persen di akhirtTahun 2021 ini,” kata Heri.

BACA JUGA : Menjadi Binaan Balangan Coal, Sembilan Desa Masuk Program Proklim

Menruut dia, pihaknya juga besinergi Pentahelix bersama unsur penggerak vaksinasi di daerah, meliputi pemerintah daerah, kampus dan akademisi, pihak swasta, komunitas masyarakat hingga media massa.

“Kita berkolaborasi dengan unsur penggerak vaksinasi di daerah, baik dalam pencarian dan pengerahan sasaran, dukungan vaksin dan tenaga kesehatan, serta publikasi yang sekaligus mengedukasi masyarakat akan pentingnya mendapatkan vaksin,” ungkap Heri.

BACA JUGA : Gerai Vaksinasi Disebar di Pusat Keramaian, Dinkes Kalsel Siapkan Stok Vaksin

Kegiatan itu mendapat respon yang baik dari masyarakat. Bahkan, warga antusias untuk menerima vaksin Covid-19 karena sangat terbantu dengan didatangi oleh tim vaksinasi.

“Terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Kepala BIN yang telah melaksanakan vaksinasi dari rumah ke rumah, hingga menjangkau desa kami yang terpencil,” ujar Kades Sungai Kumap, Misaran.(jejakrekam)

Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.