Dukung Tercapainya Target Vaksinasi, BINDA Kalsel Kembali Gelar Vaksin Massal di Balangan

0

GUNA mendukung tercapainya target vaksinasi di angka 70% sebelum kalender  2021 sebagaimana target Pemerintah Pusat, Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Kalimantan Selatan kembali gelar vaksinasi massal di Kabupaten Balangan.

SAMA seperti sebelumnya, sasaran vaksinasi adalah para murid sekolah dan santri di Ponpes dengan tujuan selain tercapainya target vaksin adalah juga mendukung bisa terlaksananya proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah.

Kepala BINDA Kalsel, Brigjen Pol. Heri Armanto Sutikno melalui Posda BIN di Kabupaten Balangan menyampaikan, vaksinasi massal ini digelar tidak terlepas dari upaya BIN dalam menindaklanjuti arahan  Presiden RI Joko Widodo dan Kepala BIN Jend (Purn) Budi Gunawan dalam rangka mempercepat cakupan vaksinasi untuk membentuk kekebalan komunal.

Pelaksanaan vaksinasi massal ini sendiri, kata dia, berlangsung sejak 13 hingga 18 Desember mendatang yang akan dilaksanakan di beberapa tempat di wilayah Balangan.

“Untuk pertama kali kita gelar di SMAN 1 Paringin dan terakhir nanti di SMKN 1 Batumandi dan Ponpes Nurul Muhibbin,” ujarnya disela kegiatan vaksinasi, Senin (13/12/2021).

Kegiatan vaksinasi massal dengan target 1000 dosis ini, lanjut dia, bekerjasama dengan Dinkes Balangan, yaitu dengan sasaran utama para pelajar dan santri serta juga masyarakat umum.

Kerjasama vaksinasi massal ini, menurutnya, merupakan bentuk kolaborasi dalam penanganan covid-19.

“Kolaborasi  lintas sektoral menjadi faktor penentu suksesnya program vaksinasi Covid-19 di daerah, kerjasama antara Pemerintah Daerah hingga level terbawah, TNI-POLRI, Badan Intelijen Negara (BIN), tokoh, hingga peran media yang  saling bahu membahu mengedukasi masyarakat akan pentingnya vaksin untuk kekebalan tubuh,” bebernya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang masih belum mengikuti vaksinasi, agar secara sadar untuk segera mendatangi tempat atau gerai vaksin yang telah difasilitasi banyak pihak, demi keamanan dan kesehatan bersama

Disamping melaksanakan vaksinasi, pihaknya juga berharap, masyarakat  tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, sehingga meminimalisir penyebaran covid-19.

Senada itu, Plt Kepala BPBD Kabupaten Balangan sekaligus Sekretaris Satgas Covid-19 Balangan, H Rahmi menyampaikan, mengapresiasi terlaksananya vaksinasi massal yang digelar BINDA Kalsel ini.

Terlebih menurut Rahmi, capaian angka vaksinasi di Balangan belum mencapai angka target, saat ini capaian angka vaksinasi Balangan untuk dosis satu baru 61,08% dan dosis dua sebesar 32,14%.

“Kita terus berupaya agar sebelum akhir tahun target angka vaksinasi tercapai, dan menghimbau masyarakat agar ikut vaksinasi,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.