Antisipasi Maraknya Isu Penculikan Anak, Disdik Banjarmasin Bikin Surat Edaran ke Sekolah

0

ISU penculikan anak yang marak belakangan ini, membuat Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin Totok Agus Daryanto mengeluarkan surat edaran dan imbauan guna mengantisipasinya.

SURAT bernomor 800/7075-Sekr/Dipendik/2021 tertanggal 14 Desember 2021, ditujukan Kadisdik Kota Banjarmasin kepada pengawas TK/SD/SMP, kepala TK/PAUD negeri maupun swasta, kepala SD negeri/swasta serta kepala SMP negeri/swasta di Banjarmasin.

Ada empat poin diputuskan Kadisdik Kota Banjarmasin Totok Agus Daryanto dalam menyikapi maraknya isu penculikan anak di ibukota Kalimantan Selatan dalam surat edarannya itu untuk langkah-langkah antisipatif.

Kepala Disdik Banjarmasin meminta agar keluarga atau orangtua siswa meningkatkan kewaspadaan adanya kemungkinan penculikan pada putra-putri yang sekolah dengan selalu memantau atau mendampingi pada saat berangkat atau pulang sekolah.

BACA : Sikapi Isu Penculikan Anak, Kapolsek Banjarmasin Utara Surati Kepsek SD/MI, Ini Poinnya!

Dalam poin kedua, Kepala Disdik Banjarmasin mengingatkan agar memberikan edukasi kepada anak agar tidak mudah percaya kepada siapapun yang menjemput, kecuali dari pihak keluarga.

Poin ketiga diingatkan agar penjemputan bukan oleh orangtua, wali murid atau keluarga  maka anak tetap berada di sekolah dan pihak sekolah menghubungi orangtua siswa untuk memastikan dan menjemput.

Sedangkan dalam poin terakhir, Kepala Disdik Banjarmasin mengimbau pihak sekolah berkenan memasang kamera pengawas (CCTV).

BACA JUGA : Antisipasi Penculikan Anak, Disdik Banjarmasin Sebar Surat Edaran

Surat edaran Disdik Kota Banjarmasin dikritik Ketua Fraksi PDIP DPRD Provinsi Kalsel HM Rosehan Noor Bachri. Meski merupakan domain kota, Rosehan mengatakan sebagai wakil rakyat dapil Banjarmasin menyesalkan hal itu.

“Seharusnya jangan pakai surat edaran jadi ketakutan warga, Katanya Banjarmasin ini kota layak huni,” kata Rosehan, singkat kepada jejakrekam.com, Sabtu (18/12/2021).(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.