Walikota Ibnu Sina ‘Perintahkan’ Para Lurah Turut Pantau Rob dan Layani Warga Terdampak

0

WALIKOTA Ibnu Sina memerintahkan agar para lurah di 52 kelurahan di lima kecamatan yang ada di Banjarmasin untuk membuka ‘layanan’ hingga malam hari.

‘PERINTAH’ ini disampaikan Ibnu Sina melalui platform akun media sosial (medsos) resmi miliknya baik facebook dan instagram (IG) pada Kamis (9/12/2021) malam.

“Lurah buka sampai malam, sambil memantau rob banyu (air) pasang,” begitu caption Ibnu Sina di akun medsosnya.

Perintah orang nomor satu di Balai Kota Banjarmasin berlaku untuk kelurahan atau kawasan yang terdampak rob. Sebab, hampir sepekan ini, terutama saat malam hingga dini hari, serbuan air pasang sungai apalagi ditambah curah hujan tinggi, menyerbu hampir seluruh kawasan di ibukota Kalsel ini.

Terpisah, Lurah Sungai Jingah Jainuddin mengatakan ‘instruksi’ sang walikota bukan meminta kantor kelurahan buka sampai malam.

BACA : Jabat Sekda Banjarmasin, Ikhsan Budiman Segera Koordinasikan SKPD Atasi Banjir Rob

“Tapi ada beberapa hal urgen, tentu lurah harus turun memantau kondisi warganya. Apalagi, saat ini Banjarmasin tengah dilanda rob,” kata Jainuddin kepada jejakrekam.com, Jumat (10/12/2021).

Dia menyebut untuk kawasan kelurahan, hanya pemukiman warga di bantaran Sungai Martapura yang terendam rob. Sementara, beberapa kawasan terutama daerah tergolong tinggi, tidak diserbu air pasang sungai akibat fenomena La Nina.

Dari pantauan jejakrekam.com, beberapa kantor kelurahan turut diserbu rob. Seperti kantor Kelurahan Pekapuran Laut, Alalak Tengah, Kuin Utara, Pangeran dan lainnya. Meski pada pagi hingga siang hari, air pun menyusut dan berangsur-angsur surut.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.