Penggantian Pipa Di HKSN Rampung, Distribusi Air Bersih Mengalir 24 Jam

0

PROSES penggantian pipa baru di kawasan Jalan HKSN, Kecamatan Banjarmasin Utara, yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan distribusi air bersih kepada pelanggan, kini telah rampung.

PASALNYA, di kawasan Alalak distribusi air bersih terbilang masih belum optimal. Baik karena kurangnya tekanan, hilangnya tekanan, dan juga kehilangan airnya.

Mengantisipasi hal tersebut, PAM Bandarmasih pun melakukan pergantian pipa baru yang lebih besar, untuk mendistribusikan air bersih kepada pelanggan.

BACA: Pipa Tak Mampu Lagi Penuhi Distribusi Air Di Alalak Tengah, Dirut PAM Bandarmasih Sebut Akan Ganti

Direktur Operasional (Dirops) PAM Bandarmasih, Edwarsyah mengungkapkan, pasca pergantian pipa tersebut, untuk pendistribusian air bersih kepada pelanggan saat ini sudah mengalami peningkatan.

“Dari data hasil pemeriksaan kita di lapangan, dari daerah yang menjadi sasaran kita sudah mulai mengalami peningkatan,” ungkap Edwarsyah, Rabu (7/2/2024).

Hasil dari pergantian pipa tersebut, dari segi tekanan distribusi sekarang sudah mengalami peningkatan hingga ke ujung jaringan yang ada di kawasan Alalak.

“Sekarang airnya sudah relatif 24 jam jalan, dan pelanggan yang menggunakan pompa air juga sudah mulai berkurang. Sebelumnya, di ujung jaringan tekanan air hanya sampai 0,9 Bar, setelah pergantian pipa sekarang menjadi 0,2 – 0,3 Bar,” papar Edwarsyah.

BACA JUGA: Pasca Pembongkaran, Dirut PAM Bandarmasih Janji Aspal Jalan HKSN Dikembalikan Sesuai Standar

“Dari segi kehilangan tekanan juga sudah berkurang, sehingga hal ini dapat menambah kuantitas pendistribusian air di sana,” sambungnya.

Selain itu, tingkat kehilangan air di kawasan tersebut juga sudah mengalami penurunan, sehingga pelayanan terhadap pelanggan bisa lebih meningkat.

“Secara umum yang biasanya kita mendistribusikan ke sana itu sebanyak 680 meter kubik perjam, sekarang menjadi 640 meter kubik perjam, yang artinya tingkat kehilangan airnya sudah bisa kita kurangi,” ucap Edwarsyah.

BACA LAGI: Aspal Bekas Galian Pipa PAM Bandarmasih di Jalan HKSN Terkesan Tambal Sulam

Tidak hanya itu, untuk memaksimalkan pelayanan di kawasan tersebut, saat ini pihaknya juga melakukan pemasangan pipa baru di kawasan Jalan Perdagangan Banjarmasin Utara.

“Di kawasan itu akan kita pasang pipa ukuran 160 mm dan 90 mm, yang nantinya akan membantu meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan yang ada disana,” beber Dirops.

“Jadi ini merupakan bagian dari rangkaian upaya PAM Bandarmasih untuk mengoptimalkan pelayanan terhadap pelanggan, terutama dari sisi kualitas, kuantitas, dan kontinuitas,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.