Jabat Sekda Banjarmasin, Ikhsan Budiman Segera Koordinasikan SKPD Atasi Banjir Rob

0

WALIKOTA Ibnu Sina melantik Ikhsan Budiman sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota, Jalan RE Martadinata, Banjarmasin, Kamis (9/12/2021) siang.

PROSESI pelantikan pun berlangsung cukup sederhana. Sebelumnya, agenda pelantikah Ikhsan Budiman sebagai Sekda Kota Banjarmasin memang sempat tertunda pada akhir November 2021 lalu.

Usai dilantik Walikota Ibnu Sina, Ikhsan Budiman mengatakan pelantikan seorang sekda merupakan hal yang biasa namun paling ditunggu. Apalagi, Ikhsan Budiman yang mengisi posisi lowong usai ditinggalkan Hamli Kursani ketika purnatugas pada 1 Januari 2020 lalu.

“Saya harus segera bekerja action di lapangan. Apalagi, masa jabatan Walikota-Wakil Walikota Banjarmasin tersisa hanya tiga tahun dua bulan saja,” kata Ikhsan Budiman kepada awak media, Kamis (9/12/2021).

BACA : Hamli Kursani Pamit, Mukhyar Digadang Isi Posisi Pjs Sekda Banjarmasin

Sebagai pejabat yang berpengalaman di Pemkab Tanah Bumbu, Ikhsan memastikan akan bekerja ekstra keras guna menuntaskan visi-misi Ibnu Sina-Arifin Noor dalam mewujudkan Banjarmasin Baiman lebih Bermartabat.

“Ini menjadi tugas besar saya. Saat ini, masalah banjir merupakan masalah kota yang harus segera ditangani, apalagi di tengah pandemi Covid-19,” papar mantan Staf Ahli Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar ini.

Dia memastikan sebagai orang yang bertanggungjawab dalam penanganan bencana khususnya banjir, akan segera berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial Kota Banjarmasin.

“Insya Allah, Senin (12/12/2021), saya sudah beraksi di lapangan. Sebab, saat ini masih ada beberapa tempat di Banjarmasin yang tergenang banjir,” ucap Ikhsan.

BACA JUGA : Tinggal Dilantik Walikota, SK Sekda Banjarmasin Sudah Diteken Gubernur Kalsel

Menurut dia, dalam menanganai masalah banjir tentu butuh koordinasi semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD terkait di Pemkot Banjarmasin. Apalagi, Ikhsan menyebut saat ini sudah memasuki akhir tahun, sehingga semua kegiatan harus digenjot.

“Untuk mewujudkan program jangka panjang tidak memungkinkan. Nanti, kondisi yang dialami kota ini bisa menjadi bahan kajian untuk diterapkan tahun depan,” tegas Ikhsan.

BACA JUGA : ‘Masuk Kotak’ di Tanbu, Besok Ikhsan Budiman Dilantik Jadi Sekda Kota Banjarmasin

Mengenai banjir rob akibat fenomena air pasang dan luapan air laut diakui Iksan tentu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, banjir rob bukan hanya melanda Banjarmasin, tapi juga terjadi di daerah Sulawesi bahkan negara tetangga, Malaysia.

“Jadi, apa yang dikerjakan di daerah sana, tentu kita kerjakan pula di sini. Seperti di Jakarta, bisa membuat tanggul. Namun kalau di sini (Banjarmasin) tak mungkin ada tanggul,” tutur mantan Kepala Inspektorat Pemkab Tanah Bumbu ini.

Menurut Ikhsan, penanganan banjir perlu kerja cepat terutama menyangkut dampak yang dirasakan masyarakat. Dia mengatakan bisa saja nanti dibangun dapur umur hingga tempat pengungsian ketika banjir rob semakin parah di Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.