Diguyur Hujan Semalaman, Kawasan Jalan Munti Raya Barabai Darat Terendam

0

HUJAN deras mengguyur Kota Barabai dan sekitarnya pada Kamis (25/11/2021) malam hingga memasuki Jumat (26/11/2021) dini hari, mengakibatkan beberapa kawasan terendam.

HUJAN semalaman itu pun membuat debit air setelah sempat surut kembali naik. Dampaknya, kawasan pemukiman warga di Jalan Munti Raya, Kelurahan Barabai Darat, kembali diserbu banjir.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Budi Haryanto mengakui dari hasil pemantauan, beberapa kawasan kembali terendam banjir, akibat tinggi durasi dan curah hujan.

“Akibat hujan semalaman kawasan Jalan Munti Raya, Kelurahan Barabai Darat yang paling terdampak. Kawasan ini terendam banjir,” ucap Budi Haryanto kepada jejakrekam.com, Jumat (26/11/2021).

BACA : Banjir Barabai dan Sekitarnya Tak Terulang Lagi, Ini Solusi dari Eks Wabup HST

Dari hasil patroli dilakukan tim reaksi cepat BPBD HST, ketinggian air di Jalan Munti Raya RT 18 Kelurahan Barabai Darat sudah mengalami kenaikan mencapai  30 centimeter. Sedangkan terparah di RT 05 Jalan Munti Raya, kedalaman sudah mencapai kurang lebih 50 centimeter.

“Memang, hanya satu satu rumah akibat naiknya debit air terendam. Rumah milik Masitah di dalam  rumahnya terendam sekitar tiga centimeter,” ucapnya.

BACA JUGA : HST Hitung Total Kerugian Banjir Capai Rp 151 Miliar, Ini Analisis dari UGM

Dia menyebut naiknya debit air terutama di Sungai Barabai yang meluap ke pemukiman warga, akibat tingginya curah hujan. Durasinya tergolong lama karena semalam dari senja hingga subuh hari.

Budi mengatakan BPBD HST selalu siap siaga, jika nantinya curah dan durasi hujan yang turun mengguyur Barabai dan sekitarnya kembali tinggi.  

“Begitu ada warga yang terdampak banjir, kami langsung bertindak untuk memberi bantuan, dan evakuasi jika dibutuhkan,” ucap Budi.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.