Senat ULM Setuju Beri Gelar Doktor Kehormatan bagi Paman Birin, Ini Alasannya!

0

RENCANA pemberian gelar doktor kehormatan atau doctor honoris causa (Dr CH) bagi Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor alias Paman Birin, hampir dipastikan tetap dihelat Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

HAL ini menyusul terbitnya keputusan hasil rapat pleno Senat ULM terdiri dari para guru besar dan petinggi fakultas dipimpin Rektor ULM Prof Dr Sutarto Hadi di Banjarmasin, Senin (25/10/2021).

“Dari hasil rapat pleno Senat ULM diputuskan tetap memberi gelar doktor kehormatan atau doctor honoris causa kepada Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin,” ucap Ketua Tim Promotor Gelar Doktor Kehormatan bagi Sahbirin Noor di ULM, Agung Nugroho Ph.D kepada jejakrekam.com, Senin (25/10/2021) malam.

Bertempat di Auditorium ULM, Jalan A Yani Km 36 Banjarbaru, sidang senat terbuka itu pun hanya satu agenda penganugerahan gelar doktor kehormatan kepada Paman Birin. Undangan ini ditujukan kepada ketua dan anggota senat ULM guru besar, para pejabat dari rektor hingga wakil rektor di ULM, guru besar, anggota senat non guru besar dan undangan dengan berpakaian toga atau pakaian resmi.

BACA : Tolak Gelar Doktor Kehormatan Paman Birin, Alumni ULM Galang Petisi Change.org

Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Pascasarjana ULM ini menegaskan pihak senat telah menyetujui pemberian gelar Dr HC kepada Paman Birin. Bahkan, tak ada keberatan dalam rapat pleno senat kampus tersebut.

“Keputusan penganugerahan gelar doktor kehormatan bagi Gubernur Kalsel itu sudah melalui beberapa tahap. Dari pembentukan tim promotor diketuai Dekan Fakultas Pertanian ULM, Dr Bambang Joko Priatmadi dan anggotanya; Ahmad Rizali Saidi PhD,” papar guru besar pertanian ini.

Dasar pertimbangan Rektor ULM Prof Sutarto Hadi diungkapkan Agung adalah karena sosok Paman Birin telah berjasa bagi sektor pertanian di Kalimantan Selatan. Ini karena di ULM sendiri ada program doktoral (S3) pertanian yang sudah terakreditasi B.

“Atas dasar itu, maka kami memberi gelar doktor honoris causa (Dr HC) bagi Paman Birin di bidang pertanian,” ucap doktor ilmu dan teknologi produk alam lulusan Sangji University, Korea ini.

BACA JUGA : Usul Pemberian Gelar Doktor Kehormatan Untuk Paman Birin Dikritik

Rektor ULM Prof Sutarto Hadi berbincang akrab dengan Paman Birin, Gubernur Kalsel usai Dies Natalis ULM Ke-63, (Foto Sutarto Hadi)

Menurut Agung, dari segi kelayakan usulan Paman Birin meraih doktor kehormatan juga memenuhi syarat, karena selama kiprah turut berkontribusi dalam kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Kalsel. Terutama di bidang pertanian.

“Bahkan, naskah untuk meraih doktor kehormatan yang disusun Sahbirin Noor telah kami uji secara tertutup. Ujian ini langsung dipimpin Rektor ULM,” ungkap Agung.

Dia mencontohkan kelayakan bagi Sahbirin Noor untuk meraih gelar doktor kehormatan dari ULM karena banyak prestasi bidang pertanian. Seperti, Kalsel di masa kepemimpinan Paman Birin di periode pertama sukses menjadi tuan rumah Hari Pangan Sedunia (HPS) di Jejangkit, Barito Kuala pada September 2018 lalu.

“Saat itu, dalam peringatan HPS di Jejangkit Batola diangkat tema Optimalisasi Lahan Rawa untuk Pertanian. Ini sejalan dengan misi ULM untuk mengembangkan lahan basah,” tutur sarjana teknologi industri pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) ini.

BACA JUGA : Rajin Sumbang ULM, Paman Birin Diusulkan Dapat Gelar Doktor Kehormatan

Bahkan, Agung mengklaim ketika Kalsel berhasil menjadi tuan rumah HPS, justru program itu kemudian dilanjutkan pemerintah pusat dengan menggolkan progam food estate (lumbung pangan) di Kalimantan Tengah dan Kalsel sendiri.

“Dengan begitu, dua provinsi ini akan menjadi daerah penyangga pangan atau lumbung pangan bagi ibukota negara baru di Provinsi Kalimantan Timur,” papar Agung.

Dalam catatan Fakultas Pertanian ULM, Agung menyebut justru di masa kepemimpian Sahbirin Noor sebagia Gubernur Kalsel terjadi peningkatan sektor pertanian. Mulai nilai tukar pertanian meningkat 100 persen serta pembangunan sektor sarana pertanian cukup masif.

“Di tengah pandemi Covid-19, sektor pertanian Kalsel pun tetap signifikan bahkan surplus. Prosentase indeks produk domestik regional (IPDR) pertanian meningkat dan bisa mengimbangi sektor pertambangan,” ucapnya.

BACA JUGA : Kantongi SK Menteri, ULM Siap Buka Program Doktor Studi Pembangunan

Mengenai aspek lainnya, Agung menyebut hal itu tidak masuk dalam kajian pihaknya. Khususnya, di Fakultas Pertanian ULM terhadap pemberian gelar doktor kehormatan bagi Gubernur Sahbirin Noor.

“Kami hanya fokus kemajuan di bidang pertanian di Kalsel. Biarlah ada orang yang berkomentar lain. Tadi pengajuan gelar doktor kehormatan itu sudah kami sampaikan ke Senat ULM, bahkan disetujui walau ada perbaikan,” tutur Sekretaris Jurusan TIP ULM ini.

Untuk diketahui, sesuai surat undangan Rektor ULM Prof Dr Sutarto Hadi bahwa Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang akrap disapa Paman Birin direncanakan akan diberi gelar doktor kehormatan (Dr HC) dalam sidang terbuka Senat ULM pada Kamis (28/10/2021).

Bertempat di Auditorium ULM, Jalan A Yani Km 36 Banjarbaru, sidang senat terbuka itu pun hanya satu agenda penganugerahan gelar doktor kehormatan kepada Paman Birin. Undangan ini ditujukan kepada ketua dan anggota senat ULM guru besar, para pejabat dari rektor hingga wakil rektor di ULM, guru besar, anggota senat non guru besar dan undangan dengan berpakaian toga atau pakaian resmi.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.