Kantongi SK Menteri, ULM Siap Buka Program Doktor Studi Pembangunan

0

UNIVERSITAS Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin dalam waktu dekat bakal membuka program doktor studi pembangunan. Program doktoral kedua yang akan dimiliki ULM ini sudah mendapatkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 165/E/O/2021 dan ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi RI.

REKTOR Universitas Lambung Mangkurat, Prof Sutarto Hadi, merasa bersyukur dengan berdirinya program doktor kedua, setelah program doktor studi pertanian.

Kata Sutarto, prodi studi pembangunan didukung sumber daya manusia yang terdiri dari dua profesor, lima doktor, serta lima profesor dan 13 doktor yang sebidang.

“Kita akan segera mulai menerima mahasiswa baru program doktor ini, yang akan kita mulai pada tanggal 28 Juni sampai 31 Juli,” ucapnya kepada wartawan, Rabu (2/6/2021).

BACA JUGA: Gelar Wisuda Ke-110, Universitas Lambung Mangkurat Luluskan 1.113 Mahasiswa

Lantaran ingin merekrut orang-orang terbaik untuk menjadi mahasiswa angkatan pertama, ULM bakal menerima lima sampai 10 orang saja. Dia berharap angkatan pertama ini menjadi ajang pembelajaran bagi ULM untuk membina dan membimbing mahasiswa program ini.

Ia berharap, mereka yang ikut dalam Program Doktor Studi Pembangunan ULM bisa selesai dalam waktu yang tidak terlalu lama.

“Kalau bisa merekrut orang-orang terbaik, 3 tahun sudah bisa jadi doktor,” kata Sutarto.

“Kami berharap kepada pengelola, penerimaan bisa betul-betul diseleksi secara ketat, agar kita bisa mendapatkan orang-orang terbaik belajar di program terbaik ini,” tambahnya.

BACA JUGA: ULM Tambah Empat Guru Besar, Dua Figur Berusia di Bawah 40 Tahun

Di sisi lain, Sutarto juga menyampaikan apresiasi kepada pihak yang sudah membantu, sehingga program doktor ini bisa terealisasi. Terutama kepada Direktur Pascasarjana ULM, Profesor Ahmad Suriansyah, yang sejak awal berkomitmen untuk mengembangkan program pascasarjana.

“Sebenarnya sudah diusulkan tujuh program studi doktor, alhamdulillah sudah keluar 1. Mudah-mudahan akan keluar lagi program doktor yang lain,” harapnya.

Di samping studi pembangunan, ULM juga sudah mengusulkan program doktor studi ilmu hukum, studi ilmu lingkungan, dan lainnya. Sutarto bilang, kesiapan SDM dalam program ini sudah disetujui. Hanya saja, sarana dan prasarananya masih dimatangkan. (jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.