Rajin Sumbang ULM, Paman Birin Diusulkan Dapat Gelar Doktor Kehormatan

0

DIES Natalis Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ke-63 menjadi hari menggembirakan bagi Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor yang berlangsung di General Building, ULM, Jalan Brigjen Hasan Basry, Kayutangi, Banjarmasin, Selasa (21/9/2021).

DI HADAPAN para undangan seperti Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, perwakilan Polda Kalsel dan Korem 101/Antasari serta para guru besar dan senat kampus, Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi mengusulkan agar Paman Birin-sapaan akrab Sahbirin Noor diberi gelar kehormatan di kampus tertua di Kalimantan itu.

“Saya mengusulkan agar Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor bisa mendapat gelar doktor kehormatan (doctor honoris causa). Sebab, selama ini, Gubernur Kalsel telah berjasa dan berkarya luar biasa bagi ilmu pengetahuan dan umat manusia,” ucap Rektor ULM ini.

Guru besar pendidikan matematika FKIP ULM ini mengatakan kontribusi Paman Birin selama ini bagi kemajuan pendidikan di Kalsel sangat tinggi. Terkhusus lagi bagi ULM sendiri.

Terbukti, Paman Birin pun menyerahkan bantuan dari Pemprov Kalsel sebesar Rp 745.077.600 kepada Rektor ULM Prof Sutarto Hadi. Rencananya, dana hibah ini akan digunakan untuk biaya pendidikan dosen yang menempuh studi doktoral (S3).

BACA : Ribuan Dosen ULM Divaksin Covid-19, Kuliah Tatap Muka Ditarget Semester Depan

“Sebenarnya, bantuan dari Gubernur Kalsel ini memang paling sedikit dibanding tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, sebelumnya, Gubernur Kalsel menyumbang dana hibah kepada ULM sekitar Rp 40 miliar . Mungkin tahun ini sedikit karena masih kondisi pandemi Covid-19,” ucap Sutarto Hadi, saat diwawancara terpisah jejakrekam.com, Selasa (21/9/2021).

Untuk diketahui, pada tahun 2020 lalu, Gubernur Sahbirin Noor ketika Dies Natalis ULM ke-62 tahun 2020, menyerahkan dana hibah sebesar Rp 39.046.000.000. Bantuan dana hibah tersebut untuk pembangunan gedung Fakultas Kedokteran Gigi yang terletak di Jalan Brigjen Hasan Basry Kayutangi.

Sutarto Hadi pun menegaskan dengan bertambahnya usia ULM bisa semakin matang, bertambah kekuatan dan kemampuan dalam mencetak kader-kader bangsa yang cerdas dan berakhlak.

BACA JUGA : Pemprov Kalsel dan BI serta ULM Bersinergi Besarkan UMKM

Sementara itu, dalam sidang terbuka Senat ULM Dies Natalis ke-63, Gubernur Sahbirin Noor meminta agar civitas akademika dan alumni kampu sini bisa memberi bakti bagi almamater, masyarakat dan Banua.

“Pendidikan berkualitas adalah pondasi untuk membangun kehidupan yang berkualitas. Karena, pendidikan menjadi faktor utama untuk mendorong kemajuan, dan perubahan yang baik di berbagai lingkup kehidupan,” ucap gubernur dua periode ini.

Atas dasar itu, Paman Birin menegaskan Pemprov Kalsel mendorong agar perguruan tinggi di Kalsel, terkhusus ULM untuk mencetak para sarjana yang siap menciptakan lapangan kerja, bukan berpikir mencari kerja.

“Saya yakin, ULM dengan usia ke-63 tahun akan mampu mengelola pendidikan sesuai tuntutan zaman,” pungkas Paman Birin.(jejakrekam)

Penulis Asyikin/Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.