Tengah Jembatan Sei Alalak Dipasang Panggung, Akses Lalu Lintas Ditutup Total

0

KEDATANGAN dua personel Pasukan Pengamanan (Paspampres) ke lokasi Jembatan Sei Alalak menandai kepastian orang nomor satu di negeri ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan datang ke Kalimantan Selatan.

DUA personel dari kesatuan elite ini pun meninjau ke lokasi yang akan dihadiri Presiden Jokowi pada Kamis (21/10/2021) mendatang. Keduanya dipandu manajer kontraktor Jembatan Sei Alalak bernilai Rp 278,4 miliar lebih dari PT Pandji Bangun Persada.

Berdasar keputusan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kalsel bersama pemangku pengamanan Presiden Joko Widodo, rekayasa lalu lintas pun diberlakukan mulai Senin (18/10/2021) pada pukul 16.30 Wita. Hingga pada Rabu (20/10/2021) akan ditutup total untuk sterilisasi lokasi peresmian Jembatan Sei Alalak.

“Hari ini, sesuai permintaan dari BPJN Kalsel, rekayasa lalu lintas diberlakukan untuk arus kendaraan bermotor yang masuk dari arah Handil Bakti ke Banjarmasin. Jadi, hanya satu jalur ditutup,” ucap Kepala Seksi Lalu Lintas Angkutan Barang Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Batola, Samsuni kepada awak media, Senin (18/10/2021).

Untuk sementara, beber dia, para pengguna jalan terutama kendaraan bermotor diarahkan menuju ke kawasan Terminal Handil Bakti menuju ke Jembatan Sei Alalak 2 terhubung ke Jalan Cemara Ujung-Jalan Tembus Perumnas, Kayutangi Ujung, Banjarmasin.

BACA : Jelang Kedatangan Jokowi, Rekayasa Lalu Lintas Diberlakukan Di Jembatan Sei Alalak, Ini Penjelasannya!

Akses masuk ke Jembatan Sei Alalak langsung ditutup dengan barisan barier serta dijaga petugas gabungan dari Dishub Batola dan Polres Batola.

“Sedangkan untuk dari arah Banjarmasin akan ditutup juga pada malam ini sekitar pukul 21.00 Wita. Hingga pada Selasa (19/10/2021), semua akses sudah ditutup total,” kata Samsuni.

Jembatan Sei Alalak 2 yang menghubungkan Terminal Handil Bakti-Jalan Cemara Ujung Banjarmasin jadi jalur alternatif. (Foto Asyikin)

Ia menjelaskan pengalihan arus lalu lintas ini berlaku hingga Kamis (21/10/2021). Menurut Samsuni, pada hari ini, hanya mengawali sosialisasi rekayasa lalu lintas kepada masyarakat agar diketahui. “Terutama bagi pengguna jalan yang mau ke Banjarmasin harus melewati Jembatan Sei Alalak 2,” ucap Samsuni.

BACA JUGA: Usai Jembatan Sei Alalak, Presiden Jokowi Diagendakan Resmikan Pabrik Biodiesel Jhonlin Group

Bagi pengendara yang terlanjur memasuki Jembatan Sei Alalak, Samsuni mengatakan bersama petugas gabungan dari kepolisian langsung memerintahkan putar balik. Atau, bisa melalui ruas jalan ke arah Berangas, Kecamatan Alalak.

“Mengingat malam ini hingga besok sudah ditutup total, tanpa terkecuali siapapun tidak boleh lewat. Karena di tengah Jembatan Sei Alalak sudah dipasang panggung atau tenda tempat acara peresmian yang akan dihadiri Presiden Jokowi nanti,” ucap Samsuni.

Dari pantauan jejakrekam.com di lapangan, terlihat saat ditutup, arus lalu lintas di kawasan Handil Bakti tidak begitu macet. Ini kemungkinan karena hanya ditutup satu arah. Di samping itu, di ruas Jalan Tembus Perumnas-Cemara Ujung, Kayutangi juga telah diberlakukan dua arah atau berlawan.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.