Versi Survei SMRC, Partai Perindo Bisa Salip Elektabilitas PPP dan PAN

0

HANYA bisa merebut satu kursi di DPRD Kabupaten Kotabaru di Pemilu 2019, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menebar optimism bisa mengambil simpati massa pemilih di Kalimantan Selatan pada Pemilu 2024 mendatang.

KEYAKINAN Sekretaris DPW Partai Perindo Kalimantan Selatan, Mimin ini berdasar hasil survei nasional dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) per September 2021 menempatkan posisi partai besutan taipan, Hary Tanoesoedibjo itu ternyata bisa mengungguli partai lawas seperti Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

“Dalam skema pilihan partai semi terbuka berdasar survei SMRC itu menempatkan Partai Perindo di posisi kedelapan di bawah Partai Nasdem dan di atas PPP. Ini berdasar jawaban dari para responden jika pemilihan anggota DPR diadakan sekarang, maka pilihan terhadap partai atau calon itu menempatkan posisi Perindo cukup besar 2,6 persen walau masih di bawah tiga persen,” kata Mimin kepada jejakrekam.com, Senin (11/10/2021).

Hasil survei yang dikirim DPP Partai Perindo itu dinilai Mimim merupakan sebuah penyemangat baru bagi kader-kader yang ada di daerah. Terkhusus di Kalimantan Selatan.  “Memang, hasil survei itu hanya salah satu indikator mutlak dalam mengukur perolehan suara partai di Pemilu 2024 mendatang,” kata Mimin.

BACA : Berebut 55 Kursi DPRD Kalsel, Target Realistis Lima Kursi Perindo di Pemilu 2019

Menurut dia, belajar dari pengalaman Pemilu 2019 lalu, gerakan Partai Perindo sebenarnya sudah terstruktur dan mengakar di Banua. Hanya saja, ada beberapa daerah yang belum tergarap secara maksimal, sehingga hal itu akan jadi bahan evaluasi bagi Perindo menyongsong Pemilu 2024 nanti.

“Saat ini di Kalsel sendiri, Partai Perindo sudah memiliki seluruh jaringan di 13 kabupaten dan kota. Bahkan, kami pun bersiap untuk mengikuti verifikasi partai yang akan dilaksanakan KPU. Termasuk, mempersiapkan kader-kader potensial untuk diusung menjadi calon anggota legislatif (caleg),” beber Mimin.

BACA JUGA : Hasil Pemilu 2024 Jadi Syarat Pencalonan Kepala Daerah di Pilkada 2024

Mengacu ke hasil survei SMRC itu, Mimin mengatakan ada beberapa parpol besar seperti PDI Perjuangan, Golkar, PKB, Partai Gerindra, Partai Demokrat dan PKS hingga Nasdem rata-rata berada di atas 4 persen. Justru, beber Mimin, posisi Partai Perindo yang kini telah berusia tujuh tahun bisa menyalip beberapa parpol lainnya seperti PPP, PAN, Partai Hanura dan Partai Berkarya berdasar survei SMRC.

“Dari sini, kami optimistis pada Pemilu 2024 nanti, kami bisa mengambil simpati masyarakat Kalsel. Tentu saja dengan program nyata yang telah lama dilakukan Perindo. Apalagi, saat ini di kepengurusan partai ini juga banyak kalangan milenial. Ini yang akan kami garap sebagai lumbung suara pada pemilu nanti,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Rahm Arza
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.