Prof Ruslan Muhyi Berpulang, Guru Besar Pertama di Fakultas Kedokteran ULM

0

GURU besar ilmu kesehatan anak Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Prof Dr dr H Ruslan Muhyi, Sp.A (K) berpulang ke Rahmatullah, Sabtu (4/9/2021) sekira pukul 07.00 Wita. Kabar duka ini menyelimuti keluarga besar Fakultas Kedokteran, khususnya PPDS Ilmu Kesehatan Anak.

INNALILLAHI wa inna ilaihi rojiuun. Allahhummaghfirlahuu warhamhu wa’aafihi wa’fuanhu. Telah meninggalkan kita guru, ayah, sejawat, sahabat dan atasan, Prof Dr Ruslan Muhyi. Sang dokter senior spesialis anak ini tutup usia pada 64 tahun.

Selama hidupnya, sang profesor ini tergolong aktif menulis, begitu banyak karya ilmiahnya bersama koleganya.  Tak hanya guru besar di perguruan tinggi tertua di Kalimantan, Prof Ruslan merupakan dokter ahli di RSUD Ulin Banjarmasin dan beberapa rumah sakit. Bahkan, Prof Ruslan juga mendedikasikan hidup sesuai keahlian dalam spesialis anak dengan membuka Klinik Garuda Estetika di Jalan Pramuka, Banjarmasin.

Ada beberapa karya ilmiah yang ditulis sang profesor seperti berjudul Risiko penyakit jantung koroner akibat pajanan kadmium melalui pengukuran kadar kolesterol dan circulating endothelial cells darah tikus putih bersama dokter lainnya. Kemudian, jurnal berkala kesehatan 7 (1), 38-43, Ensefalitis Herves Simplex pada Anak, hingga berbahasa Inggris; Factors Affecting The Effectiveness of Application Local Regulation of Cigarette Free Areas in Puskesmas Balangan District. dan karya lainnya bersama sejumlah peneliti.

BACA : Kewajiban Etik dan Hukum bagi Dokter dalam Menjalankan Praktik Kedokteran dan Aspek Pidananya

Dalam kegiatan kemasyarakatan, Prof Ruslan juga tergolong aktif di ormas Islam Muhammadiyah. Termasuk, rutin mengisi pengajian di Masjid Al Jihad, Jalan Cempaka Besar, Banjarmasin. Tak mengherankan, jika ucapan belasungkawa datang dari Pimpinan Muhammadiyah serta pengurus Masjid Al Jihad.

Sebagai mantan Dekan Fakultas Kedokteran ULM ini, Dr Iwan Aflanie mengaku sangat berduka terutama civitas akademika.

“Bagi Civitas Akademika FK ULM berduka dan merasa kehilangan dengan wafatnya Prof. Dr. Dr. Ruslan Muhyi, Sp. A (K). Beliau adalah dosen yang penuh dedikasi dan bertanggung jawab. Beliau adalah guru besar yang pertama di lingkungan Fakultas Kedokteran ULM. Beliau adalah guru, sahabat sekaligus  senior kami,” ucap Dekan Fakultas Kedokteran ULM ini.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2021/09/04/prof-ruslan-muhyi-berpulang-guru-besar-pertama-di-fakultas-kedokteran-ulm/
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.