Pemkab Tanbu Ikuti Musrenbang RKPD Provinsi Kalimantan Selatan

0

BUPATI Tanah Bumbu diwakili Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Rahmat menghadiri Musrenbang Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021 secara virtual melalui ruang rapat Kantor Bappeda, Kamis (22/04/2021).

MUSRENBANG Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021 dengan agenda Penyusunan RKPD Tahun 2022 mengambil tema “Memantapkan Pemulihan Ekonomi dan Sosial Dengan Memperhatikan Lingkungan”.

Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan, Nurul Fajar Desira menyampaikan, pelaksanaan Musrenbang adalah salah satu tahapan proses Pembangunan Daerah sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 55 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan, serta Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi.

BACA: Kalsel Fokus SDM, Ekonomi dan Penanggulangan Covid-19

Musrenbang tersebut bertujuan menyelaraskan prioritas pembangunan daerah dengan sasaran pembangunan, menyempurnakan rancangan RKPD berdasarkan masukan-masukan, saran dan tanggapan seluruh target yang dicapai.

Sedangkan peserta yang mengikuti Musrenbang secara daring atau online yaitu sebanyak 300 orang yang terdiri dari anggota DPR RI, DPD RI daerah pemilihan Kalimantan Selatan, anggota Forkopimda, Bupati Walikota se Kalimantan Selatan, pimpinan Instansi Vertikal, Rektor dan Akademisi Perguruan Tinggi, pimpinan BUMN, para perangkat Daerah, para Gubernur se Kalimantan dan kepala Bappeda se Kalimantan.

Dalam rangka apresiasi Pemerintah kepada Pemerintah Kabupaten Kota, dalam penyusunan perencanaan pelaksanaan pembangunan bersama-sama Kementerian BPN dan Bappenas serta Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan, maka diberikan penilaian dan penghargaan pembangunan daerah kepada Kota Banjarbaru, sebagai kategori terbaik kota dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan sebagai terbaik dalam kategori Kabupaten, diikuti Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Balangan.

BACA JUGA: Musrenbang RKPD 2022, Sepakat Usulkan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa

Dan dalam rangka akses sanitasi dan air minum, kelompok kerja dan penyehatan lingkungan Provinsi Kalimantan Selatan memberikan penghargaan berupa Wasaka Award kepada Pemerintah Kabupaten Kota yang berhasil meningkatkan akses sanitasi dan air minum bagi warganya pada tahun 2020 yaitu bagi Kabupaten Tabalong, Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Kota Banjarmasin.

Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Banjar menerima Penghargaan dibidang Pokja AMPL Sanitasi Inovasi dan Kolaborasi Masyarakat dari Pokja AMPL Provinsi Kalimantan Selatan.

Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan Safrizal ZA mengatakan, Musrenbang ini akan memberikan energi yang positif bagi pembangunan karena Musrenbang adalah forum bagi pemerintah dalam bersinergi, berkolaborasi memberikan sumbangsih, masukan, gagasan dan pemikiran agar rencana yang disusun dapat dilanjutkan atau dijamin keberlangsungannya di Kalimantan Selatan sampai dengan tepat sasaran, penjawab tantangan dan tuntutan pembangunan yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat.

“Dalam Forum Musrenbang ini, kita tingkatkan semangat membangun serta terus berinovasi berkreatifitas untuk mengoptimalkan posisi Kalimantan Selatan dalam berbagai arena pembangunan,” sebut Safriza.(jejakrekam)

Penulis Muaz
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.