Kanwil Kemenag Kalsel Gelar Rukyatul Hilal Senin Lusa

0

JELANG bulan suci Ramadhan 1442 H yang hanya tinggal hitungan hari. Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel rencananya akan mengelar Rukyatul Hilal dalam penentuan awal Ramadhan 1442 Hijriah.

KEPALA Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel, Noor Fahmi saat menghadiri Musda MUI Kalsel ke X di Hotel G’Sign , Jumat (09/04/2021) malam mengatakan rencana pengamatan rutin ini. “Insya Allah, Senin tanggal 12 April nanti kita akan laksanakan Rukyatul Hilal,” ucapnya.

Dia menyebut, dimana pelaksanaan pengamatan hilal nanti akan bertempat di gedung Bank Kalsel. Sebagaimana yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. 

BACA:  Hilal Tertutup Awan, Penetapan 1 Ramadhan Ditentukan Sidang Isbat Kemenag

Selanjutnya dari hasil pengamatan tersebut nanti akan dilaporkan ke pusat untuk dilakukannya sidang Isbat(penetapan). 

Hal tersebut juga dilakukan di masing-masing provinsi yang ada di Indonesia. Kemudian, dilaporkan ke tim Isbat di Jakarta, lalu di sidangkan setelah di sidangkan baru diumumkan, berikutnya  penetapan nanti merupakan wewenang Kemenag RI. 

“Kita mengikuti pengumuman saja dari Menteri Agama pada tanggal 12 April itu,” pungkasnya. 

Kepala kanwil ini juga mengatakan, selain  Rukyatul Hilal di lakukan di Bank Kalsel, juga akan digelar pada sejumlah daerah seperti Kotabaru, Tanah Laut dan beberapa daerah lainnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.