Hilal Tertutup Awan, Penetapan 1 Ramadhan Ditentukan Sidang Isbat Kemenag

0

KANTOR Wilayah Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan bersama ormas Islam melakukan pemantauan ruqyatul hilal di puncak gedung Bank Kalsel, Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kamis (23/4/2020) petang.

KEPALA Kanwil Kemenag Kalsel Noor Fahmi mengungkapkanaat terakhir pemantauan, hilal belum bisa terlihat lantaran tertutup  kabut awan.“Karena kondisi baru selesai hujan, dan terdinding dari awan jadi belum kelihatan,” ucap Noor Fahmi.

Kegiatan rukyatul hilal tahun ini terlihat berbeda dari tahun sebelumnya. Pasalnya Fahmi mengatakan setiap provinsi, termasuk Kalsel tidak ada acara seremonial. “Pemantauan hilal, shalat Maghrib kemudian dilanjutkan shalat hajat. Itu saja,” ujarnya.

BACA : Saat Ramadhan, Kemenag-MUI-DMI Kalsel Serukan Shalat Tarawih di Rumah Saja

Ia mengatakan, hasil pantauan tersebut nantinya akan disampaikan pada saat sidang isbat yang digelar oleh Pemerintah Republik Indonesia. Sehigga, keputusan 1 Ramadhan 1441 Hijriyah bukan ditentukan oleh masing-masing pemerintah provinsi, melainkan Pemerintah RI melalui sidang isbat tersebut.

“Nantinya akan disampaikan dalam sidang isbat, jadi keputusan 1 Ramadhan ditentukan pada hasil sidang isbat,” terangnya.

Fahmi mengimbau kepada seluruh umat muslim di Kalsel agar melaksanakan kegiatan ibadah bulan Ramadhan di rumah masing-masing. Hal itu dilakukan demi memutus mata rantai Covid-19 di Kalsel.

Selain itu, menurut Fahmi, kualitas ibadah bukan ditentukan oleh tempat, melainkan ditentukan oleh kekhusyukan, keikhlasan, dan kesucian diri masing-masing.

“Shalat tarawih, tadarus Alquran, buka puasa, sahur dan ibadah lainnya dilaksanakan di rumah masing-masing bersama keluarga inti,” imbaunya.

BACA JUGA : 1 Ramadhan Resmi Terapkan PSBB, Walikota Banjarmasin : Ini Bukan Main-Main!

Sekadar informasi, berdasarkan kriteria imkanur rukyat MABIMS pada laporan tertulis dari Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel yang diteken oleh Noor Fahmi tertanggal 20 April 2020. Kondisi hilal sudah terpenuhi, di mana ketinggian hilal sudah di atas 3 derajat, sehingga tanggal 1 Ramadhan 1441 H bertepatan pada hari Jumat (24/4/2020) Masehi besok.

Meski begitu, penetapan awal Ramadhan 1441 H tetap menunggu keputusan Pemerintah RI melalui sidang isbat. Namun, pemerintah melalui Kementerian Agama di Jakarta telah menetapkan 1 Ramadhan 1441 Hijriyah jatuh pada Jumat, 23 April 2020.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.