Semua Sepakat Lanud Syamsudin Noor Naik Menjadi Tipe A

0

SEMUA pihak, baik itu DPRD Kalsel maupun Pemerintah Provinsi Kalsel mendukung upaya kenaikan status Pangkalan TNI Angkatan Udara Syamsudin Noor naik menjadi Tipe A.

UNTUK mewujudkannya, semua pemangku kebijakan di Kalsel juga sepakat untuk lebih dulu mengkaji lebih dalam menyangkut sejumlah aspek, seperti status kepemilikan lahan, hokum, serta teknis lainya.

Hal itu terungkap dalam rapat dengar pendapat (RDP) yang digelar dan dipimpin Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK, digedung DPRD Jalan Lambung Mangkurat Banjarmasin, Rabu (13/1/2021).

BACA : Lanud Syamsudin Noor Diusulkan Naik Tipe, Langit Kalsel Bakal Sering Dilintasi Pesawat Tempur

Hadir dalam pertemuan itu, Pj Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar beserta Biro Hukum, Bakeuda, Kadishub, Kepala BPN Kalsel, GM PT Angkasa Pura II, serta Komisi I DPRD Kalsel membidangi Hukum dan Pemerintah dan Komisi III membidangi Pembangunan dan Infrstuktur.

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Syamsudin Noor, Kolonel (Pnb) M Taufiq Arasj dalam paparan khususnya saat itu  mengatakan, seiring ditetapkannya ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur, maka Kalsel merupakan pintu gerbang di bagian selatan menuju IKN.

Perubahan diatas, tentu sangat berpengaruh pula terhadap stategis geogarafi dan perlu didukung melalui pertahanan udara yang kuat sehingga jika suatu saat terjadi ganguan bersekala geografis maka Lanud Syamsudin Noor juga sudah siap.

Karenanya, ia pun meminta dukungan kepada pemerintah daerah bersama DPRD Kalsel, serta instansi terkait lainya guna mewujudkan terobosan progresif diatas.

BACA JUGA : Tak Masuk Prioritas, Ketua DPRD Kalsel Siap Disuntik Vaksin Covid-19

M Taufiq Arasj menjelaskan untuk pengembangan Lanud Syamsudin Noor dibutuhakan lahan mininal 25 hingga 30 hektar. Sementara lahan yang dimiliki saat ini baru seluas 23,7 hektare. Karenanya berharap Pemprov Kalsel dapat menambahkan luas lahan mereka kembali.

Pj Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar, mengapresiasi dan mendukung wacana pengembangan Lanud Syamsudin Noor yang tentunya juga merupakan kebanggaan masyarakat Kalsel.

oleh karena itu, Roy pun akan menindaklanjuti  bersama jajarannya guna mendukung dan terwujudnya harapan Lanud Syamsudin Noor naik kelas menjadi Tipe A.

Sedangkan Ketua DPRD Kalsel H Supian HK mengatakan, berdasarkan paparan, saran dan masukan dari berbagai pimpinan instansi yang hadir, maka DPRD Kalsel juga siap mendukung dan menindaklanjuti bersama untuk tujuan Lanud memperkuat Provinsi Kalsel sebagai gerbang selatan dalam memperkuat pertahanan udara.

Anggota Komisi I DPRD Kalsel, Bidang Hukum dan Pemerintahan, DR Karli Hanafi menyarankan, agar nantinya membentuk tim khusus guna mempertajam usulan positif ini.

Tim kata dia, bisa melibatkan semua stakeholde, seperti TNI AU, Angkasa Pura, BPN, Kejaksaan, Pemprov Kalsel dan DPRD. “Untuk mempertajam kinerja kita sarakan agar bentuk tim khusus,” pungkas Karli Hanafi.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.