Persiapan Tahun Baru Imlek 2575, Klenteng Soetji Nurani Lakukan Gotong Royong Bersih-bersih

0

KURANG dari sepekan, Klenteng Soetji Nurani mulai bersolek mempersiapkan segala hal menjelang Tahun Baru Imlek 2575 di Banjarmasin.

TAHUN Baru Imlek 2575 yang akan jatuh pada tanggal 10 Februari nanti, disambut oleh para jemaat mulai dari orang tua dan pemuda dengan suka cita. Mereka bergotong-royong membersihkan semua sisi-sisi bangunan hingga altar patung dewa.

Tradisi ini rutin dilakukan. Tampak tiap-tiap jemaat memiliki tugasnya masing-masing. Ada yang membersihkan sisi-sisi bangunan, patung dewa, hingga ornamen-ornamen lainnya di klenteng yang sudah berumur ratusan tahun itu.

BACA: Sambut Tahun Baru Imlek 2575, Kelenteng Karta Raharja Pasang Kepala Naga Kayu Berkilau Emas

Wakil Ketua Klenteng Soetji Nurani, Djohan Jawono menyebut, bersih-bersih klenteng ini memang dilakukan sebagai bentuk tradisi untuk menyambut tahun baru Imlek 2575. “Menyambut masuknya tahun Naga Kayu,” ucap Djohan, Minggu (4/2/2024).

Lebih lanjut dijelaskannya, para umat Tri Dharma bergotong royong melakukan bersih-bersih arca utama serta altarnya, dan juga tempat dupanya. Selain itu, arca-arca lainnya juga dibersihkan. “Bersih-bersih ini kami lakukan pada saat dewa-dewa itu sudah ‘berangkat ke atas’. Jadi arca ini dalam keadaan ‘kosong’,” sebut Djohan.

“Sebab berdasarkan kepercayaan orang Tionghoa,” kata Djohan, “setiap arca itu tersebut ada isinya.”

“Pada saat kosong itulah kami bisa membersihkan arca-arca ini. Sehingga saat mereka kembali, kondisinya sudah dalam keadaan bersih,” jelasnya.

Proses pembersihan bangunan maupun seisi klenteng tersebut dilaksanakan oleh semua umat Tri Dharma, dibantu Gusdurian dan simpatisan Tri Dharma.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.