Lanud Syamsudin Noor Diusulkan Naik Tipe, Langit Kalsel Bakal Sering Dilintasi Pesawat Tempur

0 89

JANGAN kaget dan heran jika nantinya langit Kalsel bakal sering dilintasi pesawat ataupun helikopter tempur. Sebab, Lanud Syamsudin Noor diusulkan  peningkatan menjadi tipe A.

KOMANDAN Lanud Syamsudin Noor, Kolonel Pnb M Taufif Arasj saat bertemu dengan pimpinan DPRD Kalsel, DR (HC) Supian HK menyebut, jika memang nantinya dari komando atas menilai Lanud Syamsudin Noor siap menjadi Tipe A, maka disini nanti akan hadir beberapa pesawat. Baik itu jenis tempur, ataupun transport.

“Jika selama ini kita hanya mendengar pesawat komersil, maka siap-siap jantung akan berdebar mendengar suara pesawat jet atau pesawat tempur. Tapi ini akan memompa adrenalin kita untuk terus membangun Kalsel,” ucap Kolonel Pnb M Taufif Arasj.

BACA : Dompet Kemanusiaan Media Group Salurkan Bantuan Ke RS AURI Lanud Syamsudin Noor

Ia menambahkan, jika nantinya Lanud Syamsudin Noor naik menjadi Tipe A, maka dari segi kepemimpinan, akan dipimpin oleh seorang jenderal bintang satu dan akan ada juga penambahan personil sampai dengan 600 hingga 700 orang.

“Tentunya saja akan ada alat utama sistem pertahanan (Alutista). Apakah nanti sifatnya permanen atau Skuadron Move atau hanya untuk pelaksanaan operasi tertentu, akan diputuskan dari pusat,” ucapnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kata dia, maka untuk tahap awal, akan dibangun markas komando dan beberapa bangunan lainnya akan direnovasi oleh pihak pemerintah provinsi.

“Pada prinsipnya kita mengusulkan kita harus siap lebih dulu. Baik itu lahan ataupun pembangunan markas komando. Selanjutnya, tinggal keputusan pimpinan,” jelasnya.

BACA JUGA : Antisipasi Ancaman Keamanan Bandara, Lanud Syamsudin Noor Tingkatkan Pengawasan

Sementara itu, Ketua DPRD Kalsel, DR (HC) Supian HK menyebut, pihaknya sangat mendukung upaya Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Syamsuddin Noor naik menjadi Tipe A.

“Sebagai pintu gerbang ibukota, Kalsel perlu melakukan pembenahan, salah satunya pangkalan udara TNI AU Lanud Syamsuddin Noor untuk  naik menjadi Tipe A,” jelasnya.

Namun demikian, Supian HK mengatakan, hal tersebut perlu adanya dukungan semua pihak terkait, agar bisa tercapai ataupun terwujud.   

Adapun untuk masalah anggaran, Supian menyebut sudah ada untuk pembangunan dan tentu pihaknya akan bekerjasama dengan pemerintah pusat. “Pada intinya kita mendukung penyiapan tempat, dan siap memfasilitasi hal yang diperlukan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.