Proyek Jembatan HKSN Ambruk, 9 Pekerja Terjebak di Reruntuhan Besi

0 7.567

PROYEK jembatan besar di Jalan HKSN, Kuin Utara Kecamatan Banjarmasin Utara tiba-tiba ambruk. Terpantau jejakrekam.com, Kamis (24/9/2020), rangka besi sekitar 4 meter yang menjulang ke atas itu roboh.

INSIDEN
tersebut bertepatan dengan rangkaian Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-494 tahun. Yang mana, jajaran pejabat Pemko hingga pimpinan DPRD Banjarmasin saat itu sedang berziarah ke makam Sultan Suriansyah.

Kejadian itu sontak membuat konsentrasi di kawasan itu seakan pecah. Aparat keamanan dari kepolisian, Dinas Perhubungan, Satpol PP sampai warga sekitar ikut berkerumun membantu proses evakuasi.

BACA : Termakan Usia, Jembatan Gantung Desa Benteng Pengaron Putus

Pasalnya atas kejadian tersebut, sedikitnya ada 9 korban yang terjebak di dalam reruntuhan rangka besi. Namun berdasar keterangan para saksi di lapangan, ada 5 orang yang mengalami luka-luka.

“Sebenarnya ada 9 orang yang bekerja. Tapi saya bersama tiga orang lainnya berhasil menghindar lebih dulu, karena tidak berada di tengah,” kata Turgianto salah seorang pegawai yang berhasil selamat.

Menurut Turgianto, saat itu kondisi rangka besi dalam keadaan miring. Sehingga ia dan 8 kawannya ingin mencoba memperbaiki.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Mandor proyek jembatan, Wartono membantah bahwa rangka itu dalam keadaan miring. Kata dia, sebelumnya rangka tersebut sudah dalam posisi benar.

BACA JUGA : Jembatan Ambruk Dilewati Truk, Empat Desa di Sungai Pinang Terisolir

“Tidak ada (posisi miring). Sebelumnya sudah pas,” tegasnya dengan nada membantah.

Sementara Kapolsek Banjarmasin Utara AKP Gina Suhandi Achmadi, saat meninjau lokasi kejadian menyampaikan bahwa pihaknya masih belum berani memastikan, musabab insiden tersebut.

Namun menurutnya, berdasar informasi dari para pekerja, ketika pagi para pekerja ingin melakukan pekerjaan, dan membetulkan besi tersebut tiba-tiba roboh.

BACA LAGI : Jembatan Mandastana Roboh, Dirut PT CBA Ditetapkan Sebagai Tersangka

“Saya tidak tahu kejadiannya seperti apa, yang pasti kami dari kepolisian akan menyelidiki, apakah ada unsur kelalaian dalam pengerjaan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan korban luka-luka akibat kecelakaan tersebut sudah dilarikan ke rumah sakit Ansari Saleh. “Yang luka-luka sudah kita larikan ke rumah sakit, tapi sementara kami harus mengumpulkan keterangan dulu,” jelasnya.

Hingga diturunkannya berita ini. Pihak terkait masih melakukan penelusuran. Sementara Dinas PUPR Banjarmasin yang bertanggung jawab atas proyek jembatan HKSN itu, belum bisa memberikan keterangan.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.