Terima Bantuan KIP, Begini Kebahagiaan Dirasakan Siswa di Banjarmasin

0 71

AHMAD Rahman Nurhakim. Pelajar yang masih duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP) ini tersenyum sumringah usai menerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang disalurkan melalui Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin.

SISWA SMP Negeri 5 Banjarmasin ini merasa terbantu atas bantuan dari program pendidikan yang dibentuk Presiden Joko Widodo itu. Terlebih di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) ini, sektor ekonomi menjadi salah satu yang paling digerogoti.

“Alhamdulillah senang. Ini nanti mau digunakan untuk keperluan sekolah. Termasuk buat beli sepatu,” ujar remaja berusia 15 tahun  itu, saat menerima penyerahan KIP dari Walikota Banjarmasin Ibnu Sina di Balai Kota, Selasa (22/9/2020).

Rahman mengungkapkan, selama pembelajaran daring (daring) yang berlangsung beberapa bulan belakangan terbilang mengalami banyak kesulitan. Salah satunya ialah kuota internet.

BACA : Dikasih Ratusan Ribu Rupiah, Ribuan Siswa Di Banjarmasin Terima Kartu Indonesia Pintar

“Susah belajar onlinenya. Karena kan kalau di smartphone itu harus bergantung pada kuota internet,” cetusnya.

Lain Rahman, lain pula Nor Haya Agna Nuzila (14). Siswi kelas 9 SMP Negeri 6 Banjarmasin nampak semangat saat berada di lobi Balai Kota menunggu kedatangan Wali Kota, Ibnu Sina.

Gadis yang akrab disapa Zila ini mengaku memang sudah menerima bantuan KIP sejak mengecap bangku kelas 6 Sekolah Dasar.

“Digunakan untuk membeli keperluan sekolah, seperti seragam, alat tulis dan sepatu,” ujar Zila.

Miliki ayah yang berprofesi jadi tukang listrik dan ibunya hanya mengurus rumah tangga, Zila mengaku, bantuan tersebut tidak sepenuhnya bisa mencukupi keperluan sekolahnya.

“Saya menerima 700 ribu rupiah. Alhamdulillah cukup, tapi kalau bisa ditambah lagi juga bantuannya,” terang warga yang tinggal di Jalan Keramat Raya, Banjarmasin Timur itu.

BACA JUGA : 19.876 Siswa Madrasah se-Kalsel Terima Dana Indonesia Pintar

Seperti yang diwartakan sebelumnya, 1.225 siswa yang ada di kota Banjarmasin menerima Kartu Indonesia Pintar (KIP). Bantuan program pendidikan yang dibentuk Presiden Joko Widodo itu, diserahkan langsung oleh Walikota Ibnu Sina, Selasa (22/9/2020) di Balai Kota.

Ibnu Sina menjelaskan, dari total 4.979 siswa yang ada di sekolah swasta maupun negeri, tercatat sebanyak 3.754 murid yang sudah mendapat KIP. Dengan nominal bervariasi, dari Rp 350 ribu sampai Rp 750 ribu.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.