Dikasih Ratusan Ribu Rupiah, Ribuan Siswa di Banjarmasin Terima Kartu Indonesia Pintar

0 80

SEBANYAK 1.225 siswa yang ada di kota Banjarmasin menerima Kartu Indonesia Pintar (KIP). Bantuan program pendidikan yang dibentuk Presiden Joko Widodo itu diserahkan langsung Walikota Ibnu Sina.

BERTEMPAT di Balai Kota Banjarmasin, Selasa (22/9/2020), Walikota Ibnu Sina menjelaskan dari total 4.979 siswa yang ada di sekolah swasta maupun negeri, tercatat sebanyak 3.754 murid yang sudah mendapat KIP. Dengan nominal bervariasi, dari Rp 350 ribu sampai Rp 750 ribu.

Rinciannya, untuk siswa kelas VII dan IX hanya mendapat Rp 350 ribu. Sedangkan Rp 750 untuk siswa kelas VIII. “Ini usulan tahap keempat untuk bulan Oktober sampai Desember,” terang Ibnu.

Selain bantuan KIP, salah satu provider juga tampak memberikan kartu perdana beserta kuota internet sebesar 10 GB. Ini untuk keperluan pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring.

BACA : Kadisdikbud Kalsel Janji Sanksi Sekolah Tolak Calon Siswa dari Keluarga Tak Mampu

Mengingat, Pemkot Banjarmasin hingga kini masih belum mengeluarkan kebijakan belajar tatap muka. Meski tinggal 4 kelurahan yang masih zona merah Covid-19.

“Kita masih laksanakan PJJ. Evaluasi baru akan laksanakan pada pertengan Oktober. Jika semua wilayah sudah zona hijau ada peluang pembelajaran tatap muka kita mulai,” pungkas Walikota Ibnu Sina.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto menerangkan untuk menentukan kriteria siswa yang layak mendapat KIP tersebut, pihaknya harus berkoordinasi dengan Dinas Sosial Banjarmasin.

BACA JUGA : Reposisi Anggaran Corona Kalsel Bisa Disalurkan untuk Bantu Masyarakat Miskin

Sebab, program itu dirancang khusus untuk membantu anak dari keluarga tidak mampu agar tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah.

“Kita salurkan bantuan sesuai data yang diserahkan Dinas Sosial,” ujar Totok.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.