Bupati HSU Resmi Buka Program TMMD ke-109 di Desa Sarang Burung

0

BUPATI Hulu Sungai Utara H Abdul Wahid HK secara resmi membuka program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 tahun 2020 di Aula KH DR Idham Chalid Amuntai, Selasa (22/9/2020)

LOKASI TMMD dilaksanakan di Desa Sarang Burung Kecamatan Danau Panggang, Kabupaten HSU. Hadir dalam acara pembukaan TMMD, Dandim 1001/ Amuntai, Kasrem 101 Antasari, Forkompinda Kabupaten HSU.

Pembukaan program TMMD ke-109 ini sendiri ditandai dengan penandatanganan MOU antara Bupati HSU dan Dandim 1001/Amuntai yang disertai dengan penyerahan peralatan bangunan seperti cangkul, sekop dan gergaji yang diserahkan kepada perwakilan Bhabinsa, Bhabinkamtibmas setempat dan Kepala Desa Sarang Burung.

Bupati Wahid menyambut baik serta memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan TMMD ke-109 tahun 2020 di Kabupaten HSU khususnya bagi Desa Sarang Burung.

BACA : Pra TMMD di Desa Sarang Burung, Kodim Amuntai Terjunkan 20 Personel ke Lapangan

Wahid juga mengimbau seluruh pihak untuk saling menjaga kebersamaan untuk maju didukung dengan kesungguhan ketekunan keuletan kesabaran dari seluruh pelaku pembangunan termasuk TNI dan masyarakat.

“Dengan adanya program ini sangat terasa sekali manfaatnya oleh masyarakat. Pemkab Hulu Sungai Utara dan masyarakat diharapkan menjadi salah satu jalan bagi kesejahteraan masyarakat dan pertahanan,” ucapnya.

Selain itu,  program TMMD ke-109 tahun 2020 akan dipusatkan di Desa Sarang burung yang mana masuk sebagai salah satu desa tertinggal di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Wahid berpesan kepada badan usaha dan seluruh unsur lainnya yang memiliki keterkaitan program TMMD agar dapat melaksanakan kegiatan secara bersinergi dan terpadu.

“Kita harapkan kegiatan ini nantinya dapat benar-benar maksimal dalam rangka mewujudkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di sekitar lokasi dilaksanakannya program TMMD” pungkasnya.

Senada itu, Dandim 1001/ Amuntai Letkol Inf Ali Ahmad Satriadi dalam laporannya mengatakan tujuan diselenggarakannya TMMD ini adalah untuk mewujudkan ruang alat dan kondisi juang yang tangguh. Terutama, terciptanya kemanunggalan TNI rakyat dalam rangka membantu program pemerintah menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan baik fisik maupun nonfisik agar terwujudnya suasana yang kondusif.

BACA JUGA : Tim Wasev Pusterad Puas dengan Hasil TMMD Kodim Banjarmasin

Sementara terkait pertimbangan pertimbangan lokasi kegiatan, Dandim Amuntai menjelaskan bahwa Desa Sarang Burung menuju Desa Teluk Mesjid Kecamatan Danau Panggang merupakan desa tertinggal, dengan akses jalan menuju daerah tersebut cukup sulit.

“Atas usulan masyarakat ke Pemkab HSU berkoordinasi dengan Kodim 1001/Amuntai maka dilaksanakan lah TMMD di wilayah tersebut dalam rangka meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat,” imbuhnya.

Adapun sasaran program TMMD tersebut, Dandim menjelaskan di antaranya sarana fisik seperti perbaikan jalan, bedah rumah renovasi tempat ibadah dan lainnya. Sedangkan, untuk sasaran non fisik diantaranya adalah bakti sosial, berbagai sosialisasi, aksi donor darah, pelayanan KB akseptor, pemberian sembako dan lainnya.(jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.