Belum Kantongi Izin Mendagri, Lima Calon Kadis Belum Bisa Dilantik Walikota

0 280

LIMA calon kepala satuan perangkat kerja pemerintah daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin hingga kini tak kunjung dilantik. Bahkan nama siapa yang mengisi posisi pejabat teras Balai Kota itu pun masih misteri.

PADAHAL tahapan proses gelaran lelang jabatan, mengisi posisi lima SKPD di Pemkot Banjarmasin yang masih lowong, terbilang sudah selesai. Dari total 38 peserta lelang jabatan. Nama-nama yang termasuk dalam tiga besar di masing-masing SKPD pun sudah didapatkan.

Mengapa demikian? Ternyata Pemkot Banjarmasin masih belum mengantongi surat persetujuan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina menjelaskan bahwa pihaknya sudah membuat surat persetujuan untuk diserahkan ke Mendagri di Jakarta. Dirinya berharap, dalam dua atau tiga hari ke depan, sudah ada persetujuan dari Mendagri Tito Karnavian terkait izin pelantikan.

BACA : Tersaring 15 Nama, Tiga Terbaik Calon Kepala SKPD di Pemkot Banjarmasin Diumumkan

“Kita tunggu saja. Begitu ada persetujuan Mendagri, langsung kami lantik pejabat yang dipilih. Masih ada dua pekan lagi, insya Allah masih sempat melantik,” ucap Walikota Ibnu Sina kepada awak media di Balai Kota, Banjarmasin, Kamis (10/9/2020).

Senada itu, Kepala Bidang Pengadaan Kepangkatan dan Mutasi ASN, BKD Diklat Banjarmasin, Fauzan mengungkapkan ketika tahapan selesai, dan sudah ditetapkan nama kandidat pengisi pimpinan SKPD, memang Walikota Banjarmasin Ibnu Sina tidak bisa semerta-merta melantiknya. 

Sesuai ketentuan, kepala daerah apalagi yang mengikuti pilkada harus kembali mengantongi rekomendasi dari Mendagri guna melantik para pejabat di pemerintahannya. Ini mengingat Walikota Ibnu bakal maju berlaga di Pilwali Banjarmasin 2020 ini.

BACA JUGA : Kurang Rp 160 Miliar untuk New Normal, Pemkot Banjarmasin Pangkas Anggaran SKPD

Sekadar menyegarkan ingatan, lima posisi SKPD yang saat ini masih lowong yakni Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja serta Kepala Satpol PP dan Damkar Kota Banjarmasin.

Disusul, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan, serta jabatan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Banjarmasin.

Dari 38 orang yang mendaftar, diketahui sudah ada tiga nominasi nama-nama di lima jabatan yang lowong itu. Di antaranya, untuk posisi Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, yakni ada nama Ichrom M Tezar, Muhammad Ramadhan, dan Siane Apriliawati.

BACA JUGA : Ada Wajah Baru, Gubernur Sahbirin Kukuhkan Tiga Pejabat SKPD Definitif di Lingkup Pemprov

Berikutnya, untuk mengisi posisi pejabat tinggi di Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja, ada nama Syauqi, Freddy, dan Isa Ansari. Kemudian Kasatpol PP dan Damkar yakni, Ahmad Muzaiyin, Endri, serta Fahruraji.

Di Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan, terdapat nama Muhammad Makhmud, Noorsyahdi, serta Saroha Muhammad Thoher. Sedangkan, untuk posisi calon Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, ada nama Dedi Supriatna, Usni Erizal dan Windiasti Kartika.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.