Meningkat, KPU Catat 447.612 Pemilih Sementara di Pilwali Banjarmasin

0

SEBANYAK 447.612 orang masuk daftar pemilih sementara (DPS) telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin pada gelaran pemilihan walikota-wakil walikota pada 9 Desember 2020 mendatang.

HASIL ini diketahui setelah KPU menggelar rapat pleno bersama pihak terkait, termasuk tim pemenangan seluruh bakal pasangan calon di Hotel G’Sign, Banjarmasin, Rabu (9/9/2020).

Berdasarkan catatan KPU, 219.002 pemilih berasal dari laki-laki dan 228.610 orang berjenis kelamin perempuan DPS yang tersebar di lima kecamatan.

Ketua KPU Banjarmasin Rahmiyati Wahdah memastikan jumlah pemilih yang memiliki hak suara di atas masih belum final. Ini mengingat, masih ada tahapan tanggapan dari masyarakat. Sebelumnya, nantinya masuk pada daftar pemilih tetap (DPT) pada Oktober 2020 mendatang.

BACA : 74 Persen Pemilih Banjarmasin Tergiur Politik Uang? Bawaslu : Sanksi Tegas Menanti

“Itu belum final, karena ini adalah awal dari kita memutakhirkan kembali, masih ada nantinya tanggapan masyarakat apabila belum ada yang terdaftar,” ucap Rahmi, usai rapat pleno.

Di satu sisi, menurut Rahmi, saat ini jumlah DPS mengalami penambahan dibanding total DPT di tahun lalu. Hal ini, berkaca pada Pemilu 2019 silam.

BACA JUGA : KPU Tetapkan DPT Banjarmasin untuk Pemilu 2019 Sebanyak 423.392 Pemilih

Saat ini, jumlah DPT yang tersebar di 5 kecamatan berjumlah 447.085 jiwa. “Ada yang meninggal, masuk di tidak memenuhi syarat (TMS). Ada juga pemilih baru karena baru berusia 17 tahun,” tuturnya.

Di samping itu, pihak penyelenggara Pilkada 2020 tahun ini juga menyatakan terus mematangkan kesiapan jelang puncak pada 9 Desember mendatang.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.