Dikabarkan Positif Covid-19, KPU Banjarmasin Akui Belum Terim Hasil Swab Habib Ali

0

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin hingga kini belum menerima surat hasil keterangan tes swab dari salah satu bakal calon kontestan di Pilwali Banjarmasin 2020 yakni Habib Muhammad Ali Al Habsy.

DIKETAHUI Habib Muhammad Ali dikabarkan terkonfirmasi positif virus Corona (Covid-19). Namanya masuk dalam daftar 8 baka calon kontestan Pilkada di Kalsel yang terpapar Corona.

Alhasil waktu pendaftaran Calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin 2020, tampak hanya Khairul Saleh yang datang ke kantor KPU pada Minggu (6/9/2020) lalu.

Ketua KPU Banjarmasin Rahmiyati Wahdah mengungkapkan, kabar positifnya salah satu bakal kontestan di Pilwali itu diketahuinya dari pihak KPU Provinsi Kalsel. Namun, untuk bukti nyatanya, Rahmi mengaku belum dipegang pihaknya.

BACA : Langkah Khairul Saleh-Habib Ali Mulus, Ajukan Pensiun Dini Maju di Pilwali Banjarmasin

“Jadi sampai saat ini kita belum mendapatkan hasil swab tersebut, karena waktu menyerahkan itu saat pendaftaran. Dari kami masih belum melihat buktinya,” ungkap Rahmi, Rabu (9/9/2020).

Kendati begitu, Rahmi katakan, jika Habib Ali benar dinyatakan positif Covid-19, pihaknya akan membuat surat keputusan (SK) perubahan tahapan pemeriksaan kesehatan untuk yang bersangkutan.

Yang mana, Habib Ali harusnya sudah menjalani tahap pemeriksaan kesehatan pada Senin (7/9/2020) lalu, berbarengan dengan pasangannya bakal calon Walikota Banjarmasin, Khairul Saleh. Serta, kontestan pilkada serentak lainnya.

“Kalau kami membuat SK perubahan atau penundaan pemeriksaan kesehatan bersangkutan,” ujarnya.

BACA JUGA : Tunggu Hasil Swab dari Prodia, Khairul Saleh Akui Pasangan Bakal Calonnya, Habib Ali Menderita Sakit

Dengan hal itu, Rahmi mengakui belum bisa memastikan apakah penetapan calon dari bapaslon yang satu ini ikut tertunda atau tidak. Menurutnya, hal itu hanya dapat dipastikan menjelang hari H penetapan.

Sebab, masa inkubasi seseorang penderita Covid-19 berlangsung selama 14 hari ke depan. Sedangkan tahapan penetapan calon pasangan berlangsung pada 23 September mendatang.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.