Husairi Abdi

Langkah Khairul Saleh-Habib Ali Mulus, Ajukan Pensiun Dini Maju di Pilwali Banjarmasin

0

DERAP langkah bakal pasangan calon jalur perseorangan di pemilihan Walikota-Wakil Walikota (Pilwali) Banjarmasin, yakni Khairul Saleh dan Habib Muhammad Ali Alhabsy, mulus. Keduanya pun dinyatakan berhak untuk ikut bertarung di suksesi 2020 mendatang.

SEBAB, satu-satunya pasangan yang tersisa dari jalur independen ini dipastikan lolos pada tahap verifikasi faktual. Hal ini diketahui setelah KPU Kota Banjarmasin menggelar rapat pleno pada Jumat (21/8/2020) sore.

Rapat yang digelar selama hampir dua jam di Hotel G’Sign Banjarmasin ini menyatakan, pasangan Khairul-Habib mengantongi 8.225 berks dari total 9.000 dukungan perbaikan yang diserahkan.

Seperti diketahui, pasangan ini sebelumnya hanya mengantongi dukungan sebanyak 35.443 e-KTP yang dianggap memenuhi syarat. Jumlah tersebut masih kurang sebanyak 2.570 dari minimal 38.003 syarat dukung yang ditetapkan KPU Banjarmasin.

BACA : Indikasi Serangan Politik Jelang Pilwali Banjarmasin 2020, Khairul Saleh : Husnuzon Saja

Pasangan Khairul Saleh-Habib Muhammad Ali pun harus melakukan perbaikan dengan menyerahkan 5.140, hasil dari kekurangan 2.570 dukungan yang dikalikan dua, sesuai ketentuan yang ditetapkan penyelenggara pemilu.

“Berdasarkan hasil hitungan, bakal calon Khairul Saleh dan Habib Muhammad Ali Al Habsy lolos verifikasi faktual,” kata Ketua KPU Kota Banjarmasin Rahmiyati Wahdah, usai memimpin rapat pleno.

Menurut Rahmi, pasangan Khairul-Habib Ali dipastikan merupakan bakal calon satu-satunya yang berasal dari jalur independen.

Selain itu, Rahmi mengatakan bahwa pasangan ini dipastikan boleh mendaftarkan diri sebagai Calon Walikota-Wakil Walikota Banjarmasin 2020.

“Iya, kalau dia (Khairul-Habib Ali) mendaftar, dipastikan bakal pasangan calon ini dapat mendaftarkan diri sebagai calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin,” terangnya.

BACA JUGA : Tersisa PDIP dan Nasdem, Jelang Pilwali Banjarmasin Sudah Tercipta Tiga Poros

Untuk diketahui, masa pendaftaran calon Walikota-Wakil Walikota Banjarmasin mulai dibuka pada 4 hingga 6 September 2020 nanti, baik dari jalur perseorangan maupun usungan parpol. Sementara, puncak pilkada serentak bakal digelar pada Rabu, 9 Desember 2020.

Sementara itu, Khairul Saleh mengaku bersyukur atas hasil yang didapat hari ini. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Banjarmasin pun mengucapkan terima kasih kepada tim pemenangan yang telah bekerja keras mengumpulkan dukungan perbaikan kedua tersebut.

BACA JUGA : Gandeng PPP-PBB, Gerindra Resmi Usung Haris Makkie-Ilham Noor di Pilwali Banjarmasin

“Tidak ada kata-kata lain lagi. Terima kasih kepada tim yang sudah bekerja keras selama ini. Dan masyarakat yang sudah mendukung kami untuk membangun kota Banjarmasin,” ucap Khairul dengan syukur.

Meski saat ini berstatus aparatur sipil negara (ASN), mengaku sudah mengajukan pensiun dini serta siap melepas jabatannya untuk berkontestasi di Pilwali Banjarmasin mendatang.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.