Gelar Seleksi Calon Bintara, Kapolres Tabalong Pastikan Sesuai SOP

0

KAPOLRES Tabalong, AKBP M Muchdori pastikan penerimaan Bintara Polri tahun. 2020 dilaksanakan dengan transparan.

MENURUT
Kapolres, Orang tua wali peserta calon Bintara janganlah mudah percaya kepada siapapun yang mengaku dapat melancarkan ataupun meloloskan anaknya jadi anggota Polri atau yang biasa disebut calo. 

“Kami pastikan pelaksanaan penerimaan bintara polri ini berdasarkan standar operasional prosedur,” ujarnya kepada peserta calon Bintara dan orangtunya pada saat penandatanganan Pakta Integritas dan Pengambilan Sumpah Penerimaan Bintara Polri tahun 2020, di Aula Praja Utama Polres Tabalong pada Kamis (20/08/2020). 

BACA : Propam Polres Tabalong Gelar Sidak Terkait Penerapan Prokes Anggotanya

Menurutnya orangtua wali peserta harus yakin dengan prestasi dan kemampuan anak-anaknya dan apabila orang tua wali peserta mengetahui ada orang atau calo, agar dapat melaporkannya ke Polres Tabalong. 

Muchdori berharap kepada semua peserta selama mengikuti tahapan seleksi dapat menjaga kesehatan, rajin belajar, siapkan mental dan fisik serta berdo’a kepada Allah SWT.  

“Saya ingin agar anak – anak saya yang mendaftar bintara polri tahun 2020 ini dapat lulus dan lolos semua,” ujarnya.  Dan,  yang terakhir tambahnya jangan sampai melakukan perbuatan yang melanggar hukum.

Peserta calon penerimaan bintara polri Polres Tabalong tahun 2020 ini sebanyak 61 orang, diantaranya polisi laki-laki 50 orang dan polisi wanita 11 orang. 

BACA JUGA :  Polres Tabalong Sosialisasikan Perbup Tentang Protokol Kesehatan

Dari 61 orang pendaftar calon bintara tersebut 48 orang diantaranya mendaftar sebagai Bintara Polisi Tugas Umum yang terdiri dari 37 pria dan 11 wanita.  Sedangkan sisanya, 13 orang mendaftar sebagai Bintara TI yang kesemuanya merupakan pria.

Dalam pendatanganan fakta integritas ini juga dilakukan pengambilan sumpah secara virtual dengan jumlah peserta terbatas yakni sebanyak 7 orang karena panitia menerapkan protokol kesehatan. 

Perwakilan 7 peserta calon bintara Polri di acara virtual penandatanganan pakta integritas dan pengambilan sumpah tersebut didampingi orang tua wali dari calon peserta perwakilan yang beragama Islam, Kristen dan Hindu. 

Hadir dalam kegiatan tersebut pengawas internal Sipropam, Siwas Polres Tabalong dan pengawas eksternal dari Dinas Pendidikan dan Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Tabalong.

Terpisah Kapolda Kalsel Irjen Pol Dr Nico Afinta melalui Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Djoko Poerbohadijojo menyampaikan lazimnya sebuah organisasi memerlukan rekruitmen SDM, hal ini juga berlaku di Institusi Kepolisian. (jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.