Lima Pimpinan SKPD Kosong, Pemkot Buka Lelang Jabatan

0

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Banjarmasin dalam waktu dekat ini kembali membuka lelang jabatan pimpinan tinggi pratama secara terbuka. Mengingat, masih ada lima SKPD yang kosong pimpinan.

KELIMA SKPD yang dilelang yakni Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja, Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan, serta Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Banjarmasin.

Terhitung sejak tahun 2019 lalu, kelima dinas tersebut tak memiliki pimpinan tetap. Hingga sekarang, rata-rata mereka hanya dipimpin oleh Pelaksana Tugas (Plt).

BACA : Ditinggal Pensiun, Walikota Ibnu Sina Janji Lelang Jabatan Tiga Kadis

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Banjarmasin, melalui Kepala Bidang Pengadaan Kepangkatan dan Mutasi ASN BKD dan Diklat, Fauzan, menjelaskan bahwa pengumuman lelang ini dimulai sejak tanggal 23 Juli kemarin.

Selain itu, lelang sendiri sudah mendapatkan rekomendasi dari KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara). Sebab, sesuai dengan edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) bahwa Wali Kota/Bupati hingga Gubernur, yang hendak mengikuti Pilkada kemudian ingin membuka lelang jabatan, harus mengantongi rekomendasi terlebih dahulu.

“Hari Rabu pada tanggal 22 Juli sudah dapat rekomendasi. Jadi langsung kita umumkan besoknya,” ucap Fauzan, Jumat (24/7/2020). Masih menurut Fauzan, sebenarnya ideal tenggat waktu pendaftaran lelang ini dibuka selama 15 hari ke depan, terhitung sejak hari pertama dibuka. “Tapi berhubung pandemi, pendaftaran hanya dibuka selama lima hari,” bebernya.

Untuk diketahui, penerimaan berkas hingga seleksi administrasi yakni dari tanggal 23 hingga 27 Juli mendatang. Sedangkan pengumuman hasil seleksi administrasi, yakni pada tanggal 29 Juli mendatang.

Bukan hanya itu, Fauzan juga membeberkan, lelang jabatan ini terbuka untuk ASN (aparatur sipil negara) di lingkup kerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel. Namun, hingga saat ini masih belum ada pendaftar.

“Hingga saat ini masih belum ada satu pendaftar ya. Sementara ini yang datang masih bertanya soal syarat-syarat serta perihal apa saja berkas yang disiapkan. Masih seputar itu,” ungkapnya.

Kendati demikian, menurut Fauzan, lelang jabatan yang dibuka ini bakal ramai diikuti. Ia menilai, antusias pejabat Eselon III sangat besar. Kemudian, kemampuan para pejabat pun juga cukup mumpuni untuk mengikuti lelang jabatan.

Sekadar diketahui, untuk persyaratan, Fauzan membeberkan bahwa Eselon III A, yakni setingkat Kepala Bagian, Camat hingga Sekretaris Dinas minimal pernah menduduki jabatan selama dua tahun.

Sedangkan untuk Eselon III B, karena sama-sama pejabat administrator diatur minimal pernah menjabat setingkat Kepala Bidang selama tiga tahun. “Di Pemkot Banjarmasin sendiri kemungkinan banyak yang memenuhi syarat,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.