ACT

Minggu Pagi, jejakrekam.com-AMB Gelar Diskusi Virtual Bedah Pancasila dari Persepsi Umat Islam

0 411

NGOBROL Pinggiran (Ngopi) edisi khusus dihelat jejakrekam.com bersama Aliansi Muslim Banua (AMB) membedah Pancasila dalam Persepsi Umat Islam, Masihkah Menjanjikan? Minggu (12/7/2020), pukul 09.00 Wita hingga selesai.

DISKUSI virtual di aplikasi Zoom Meeting ini akan menghadirkan narasumber yang berkompeten. Seperti Ketua PWNU Kalsel Abdul Haris Makkie, anggota Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI (Senator Kalsel), Habib Zakaria Bahasyim.

Kemudian, pakar ilmu hukum Islam yang juga Ketua Program Studi S3 Ilmu Syariah UIN Antasari Banjarmasin, Prof Dr H Ahmadi Hasan, serta praktisi kesehatan dan ahli hukum yang juga seorang penulis artikel, dr Abd Halim, SpPD SH, MH.

Narasumber lainnya Pembina/Penasihat AMB Sukhrowardi yang juga Ketua Fraksi Golkar DPRD Banjarmasin dan Subhan Syarief (Pembina/Penasihat AMB), serta Dr Muhammad (Pakar Manajemen SDM dan Pendidikan Politik).

BACA : Pancasila dan Karakter Kita di Masa Corona

Dari kalangan muda, ada Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kota Banjarmasin yang juga dosen hukum tata negara FH ULM, Ahmad Fikri Hadin dan Presiden Direktur Borneo Law Firm dan advokat muda, Muhammad Pazri dan Barbital Windy Prasetyo, tokoh muda AMB/Ketua Kolaborasi Pemuda Indonesia (KOPI) Kalsel.

Tujuan dialog jarak jauh dipandu wartawan senior Ahmad Rasyidi ini untuk menangkap kegelisahan sebagian umat Islam ketika Pancasila yang sudah final ini diutak-atik dalam RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Sebab, Pancasila sudah berdiri tegak sebagai dasar negara, ideologi atau pandangan hidup bangsa Indonesia.

BACA JUGA : Pemuda Muhammadiyah Kalsel Desak Cabut RUU HIP, Meldy : Pancasila adalah Darul Ahdi wa Syahadah

Penasihat AMB Kalsel, Subhan Syarief mengungkapkan ada indikasi makna Pancasila semakin dipinggirkan di tengah arus globalisasi , kapitaslime, liberalisme dan hingga komunisme yang berkembang pesat di Indonesia.

“Umat Islam sebagai penghuni terbanyak negeri ini sedari dulu sudah berperan dalam mempertahankan dan memperkuat eksistensi Pancasila,” kata Subhan Syarief kepada jejakrekam.com, Sabtu (11/7/2020).

Namun, kata dia, hal mendasar patut diketahui apakah Pancasila ini pada tahapan implementasi masih dipandang umat sebagai falsafah hidup dan juga dibutuhkan umat Islam dalam menyongsong kehidupan ke depan.

“Ini hal utama yang akan coba ungkap dalam diskusi pinggiran bersama jejakrekam.com dan AMB Kalsel,” ucap Subhan Syarief.

Ia pun menyilakan bagi yang tertarik untuk turut berpartisipasi dalam diskusi virtual dengan registrasi Zoom di https://us02web.zoom.us/meeting/register/tZMsfu2orz4tHdIL8wXEtwz_Wxvl3irxGlCg. Kemudian, Meeting ID : 891 3872 1059 dengan password: 5sila.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.