Berbiaya Rp 21,8 Miliar, Jembatan Sikan-Tumpung Laung Mulai Digarap

0

JEMBATAN rangka baja yang akan menghubungkan Desa Sikan dengan Kelurahan Tumpung Laung Kecamatan Montallat di wilayah  Kabupaten Barito Utara, masuk proses pembangunan. 

DENGAN sistem pengerjaan kontrak tahun jamak (multiyears), proyek ini mulai digarap kontraktor, PT Mutiara Karya Utama Pusat asal Palangka Raya.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Barito Utara, Rody mengatakan untuk tahun anggaran 2020 ini, telah melaksanakan program kegiatan pembangunan jembatan rangka baja Sikan-Tumpung Laung di Kecamatan Montallat.

Menurutnya,  pembangunan jembatan menelan anggaran sekitar Rp 21,8 miliar lebih. Untuk awal pembangunan dialokaikan dana sebesar Rp 4,6 miliar lebuh.

BACA : Jembatan HKSN Dibuat Model Kembar, Penggarapannya Mulai Digeber

“Pembangunan Jembatan Sikan-Tumpung Laung Kecamatan Montallat ini dilakukan sejak tahun 2019 lalu, namun dalam bentuk perencanaan seperti fisibility study (FS) atau studi kelayakan dan lain-lainnya,” ucap Rody kepada awak media di Muara Teweh, Senin (6/7/2020). 

Masih menurut dia, baru pada 2020 ini, pekerjaan fisik jembatan bisa digarap seperti pemacangan tiang pancang jembatan penyeberangan Sungai Barito dengan konstruksi rangka baja panjang bentang 400 meter serta lebar 6 meter. 

“Untuk jangka waktu pelaksanaan kegiatan ini, 690 hari kalender dari tanggal 22 Januari 2020 hingga 12 Desember 2022,” kata Rody.

BACA JUGA : Pemkab Barito Utara Prioritaskan Infrastruktur Jalan dan Jembatan

Ia menjelaskan untuk tipe jembatan masuk kategori tipe B, nantinya Jembatan Sikan –Tumpung Laung ini bisa dilintasi kendaraan roda dua dan roda empat. 

Plt Camat Montallat Arson menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Barito Utara H Nadalsyah, Dinas PUPR serta DPRD Barito Utara, karena telah mewujudkan pembangunan jembatan tersebut.

“ Pembangunan jembatan ini sangat diharapkan warga Tumpung Laung dan sekitarnya, agar membuka akses keterisolasian dan memberi dampak kemajuan bagi warga Kecamatan Montallat pada umumnya,” ucap Arson.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.