Saidi Mansyur Vs H Rusli, ‘Petarung’ yang Sama-Sama Kantongi Koalisi Gemuk di Pilbup Banjar

0 926

PETA pertarungan dalam memperebutkan kursi Bupati-Wakil Bupati Banjar pada 9 Desember 2020 mendatang, kian mengkristal. Saat ini, baru dua pasangan bakal calon yang terang-terangan telah didukung parpol pengusung.

WAKIL Bupati Banjar H Saidi Mansyur berpasangan dengan Habib Idrus bin Ali Al Habsyie, bertagline Manis (Maju, Mandiri dan Agamis), didukung sedikitnya tiga parpol.

Yakni, Partai Demokrat dengan 4 kursi, ditambah Partai Nasdem 7 kursi dan 5 kursi milik PKB di DPRD Banjar hasil Pemilu 2019. Totalnya sementara ada 16 kursi, melebihi batas 20 persen koalisi parpol pengusung mengharuskan minimal 9 kursi dari 45 kursi DPRD Banjar.

Wabup Saidi Mansyur pun secara resmi telah menerima SK DPP Partai Demokrat yang langsung diserahkan Ketua Umum Agus Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Jakarta, pada Selasa (30/6/2020) lalu.

BACA : Wabup Banjar Saidi Mansyur Tak Terpengaruh Pengunduran Diri Guru Khalil

Saidi Mansyur pun bersyukur telah didukung partai besutan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Alhamdulillah, saya menerima SK dan dukungan dari Partai Demokrat. SK itu langsung diserahkan Mas AHY. Beliau mengamanahkan saya untuk memenangkan Pilkada Kabupaten Banjar 2020,” ucap Saidi Mansyur.

Putra pengusaha tambang terkenal di Kabupaten Banjar H Mansyur ini mengungkapkan jika Ketua Umum Demokrat AHY pun siap memenangkan dirinya bersama pasangannya di Pilbup Banjar 2020 mendatang.

BACA JUGA : Optimistis Tatap Pilbup Banjar, H Rusli : Rindu akan Jati Diri Kota Serambi Mekkah

Sementara itu, dari kubu pesaingnya adalah duet anggota DPRD Kalsel dari Golkar, H Rusli bersama Rais Syuriah PCNU Banjar yang juga Ketua MUI Banjar, KH Muhammad Fadhlan Ansyari (Guru Fadlan).

Koalisi gemuk pun berada di garda sang penantang ini. H Rusli-Guru Fadlan didukung sedikitnya 20 kursi parpol pengusung di DPRD Banjar. Yakni, 8 kursi milik Partai Golkar, 2 kursi PKS, 5 kursi PPP, 2 kursi PDI Perjuangan, dan 3 kursi milik PAN. Sementara, Partai Demokrat sudah mengalihkan dukungannya ke duet Saidi Mansyur-Habib Idrus.

Nama H Rusli-Guru Fadlan pun telah diusulkan DPD Partai Golkar ke DPP Partai Golkar di Jakarta, melalui suratnya diteken Sahbirin Noor selaku ketua bersama sekretarisnya, Adi Kartika dalam surat bernomor A-054/GOLKAR-KS/VI/2020, tertanggal 26 Juni 2020.(jejakrekam)

Penulis Syahminan/Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.