Ajukan Permohonan, Biaya Perjalanan Haji Bisa Ditarik Calon Jamaah

0

KEMENTERIAN Agama (Kemenag) Kabupaten Tabalong memberikan kesempatan bagi para calon jemaah haji yang terkena dampak pembatalan keberangkatan tahun 2020 untuk menarik kembali setoran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) yang sudah dilunasinya jika dibutuhkan. 

MENURUT Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Tabalong, H Mustafa calon jamaah haji bisa melakukan penarikan setoran pelunasan biaya haji, namun yang bersangkutan harus mengajukan permohonan terlebih dahulu.

“Surat permohonan calon jemaah ditujukan kepada Kepala Kemenag Tabalong atau kemenag daerah lain tempat di mana yang bersangkutan mendaftar ibadah haji,” ujarnya.

BACA: Diminta Bersabar, Keberangkatan 507 CJH Tabalong Di Tunda Tahun Depan

Jamaah, tambahnya juga harus menyertakan bukti asli setoran lunas BIPIH yang dikeluarkan oleh Bank Penerima Setoran (BPS) Bipih, fotokopi buku tabungan yang masih aktif atas nama jemaah haji dan memperlihatkan aslinya, fotokopi KTP dan memperlihatkan aslinya dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Permohonan jamaah selanjutnya akan diverifikasi dan divalidasi, jika dokumen dinyatakan lengkap dan sah, dokumen akan di input ke dalam data pembatalan setoran pelunasan Bipih pada aplikasi Siskohat.

Seluruh tahapan diperkirakan akan berlangsung selama sembilan hari. Dua hari di Kankemenag Kabupaten/Kota, tiga hari di Ditjen PHU, dua hari di Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan dua hari proses transfer dari Bank Penerima Setoran ke rekening jamaah.

“Bagi calon jemaah haji yang telah menarik setoran pelunasannya tidak perlu khawatir dengan status keberangkatannya,” ujarnya lagi.

Karena, sebut dia, meski setoran pelunasannya sudah di ambil, jamaah tidak akan kehilangan statusnya sebagai calon jamaah haji yang akan berangkat pada tahun 2021. Ia berharap calon jamaah haji Tabalong yang batal berangkat tahun 2020 ini tetap bersabar dan menunggu keberangkatan tahun depan.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.