Temui Bupati, Dewan Masjid Barito Utara Minta Shalat Ied Digelar di Masjid

0

SELURUH Ketua Dewan Masjid Kabupaten Barito Utara satu kata meminta agar pemerintah memberi kelonggaran bagi umat Islam beribadah khususnya menggelar shalat Ied jelang lebaran Idul Fitri 1441 Hijriyah.

MEREKA pun mendatangi Bupati Barito Utara H Nadalsyah meminta agar diperbolehkan shalat Idul Fitri berjamaah, bukan di rumah seperti anjuran pemerintah.

Aspirasi Dewan Masjid ini diserap Bupati Barito Utara H Nadalsyah saat menerima perwakilannya bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Barito Utara di Aula Rumah Jabatan Bupati Jalan A Yani Muara Teweh, Senin (18/5/2020).

“Saya memaklumi usulan dan masukan tokoh agama dan Dewan Masjid agar diberi kelonggaran menggelar shalat Ied berjamaah di masjid pada situasi sekarang,” kata H Nadalsyah.

BACA : MUI Kalsel Akui Umat Takut Jika Tak Shalat Jumat Tiga Kali Dicap Munafik

Menurut dia, secara pribadi dirinya sangat memahami keadaan masyarakat yang rindu beribadah di masjid dalam menjalankan shalat wajib berjamaah. Untuk itu, Nadalsyah memastikan akan berkoordinasi koordinasi dengan pihak terkait. 

“Memang, sebelumnya ada tiga warga Barito Utara yagn positif Covid-19. Namun, telah sembuh setelah menjalani perawatan intensif. Namun, saat ini, Barito Utara masih zona merah Covud-19, makanya masukan dan saran tokoh agama dan Dewan Masjid akan kita bahas bersama pihak terkait,” tegas Nadalsyah.

BACA JUGA : ODP Tidak Wajib, PDP-Positif Covid-19 Haram Ikuti Shalat Jumat, Ini Imbauan Kedua MUI Kalsel !

Ia mengatakan walau Barito Utara sudah aman dan belum ada kasus Covid-19 yang ditemukan, namun kabupaten ini justru dikelilingi daerah yang zona merah. Hal ini menjadi dilema bagi pemerintah daerah ketika memutuskan untuk mengizinkan kerumuman massa.

“Saya juga merasa sedih dengan keadaan seperti ini. Apalagi, sudah beberapa waktu, warga kita tidak dapat menjalankan ibadah di masjid secara berjamaah,” imbuh Nadalsyah.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.