Deteksi Virus Corona, Hakim dan Panitera PN Banjarmasin Ikuti Rapid Test

0

GUNAmendeteksi apakah para hakim, panitera dan staf Pengadilan Negeri (PN) Banjarmasin terpapar atau tidak oleh virus Corona (Covid-19), rapid test dilakukan tim gabungan Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Senin (18/5/2020).

TAK hanya hakim yang bertugas di persidangan pidana umum dan perdata, hakim adhoc di PN Tipikor Banjarmasin pun turut dalam tes cepat tersebut. Hal ini dilakukan agar lembaga peradilan di Jalan DI Panjaitan itu, Banjarmasin itu bisa steril dari penyebaran virus Corona.

Para hakim pun bergiliran untuk diambil sampel darahnya yang diuji lewat alat rapid test disedikan tim medis Dinas Kesehatan Banjarmasin.

“Dengan ikut rapid test, tentu para hakim dan segenap karyawan PN Banjarmasin bisa berpartisipasi dalam mengurangi penyebaran virus Corona di kota ini,” kata Humas PN Banjarmasin Aris Bawono Langgeng kepada jejakrekam.com, Senin (18/5/2020).

BACA : Beri Kepastian Hukum, PN Banjarmasin Terapkan Persidangan Jarak Jauh

Sebagai pejabat publik dan berhubungan dengan para pencari keadilan, Aris mengatakan tentu butuh sebuah jaminan, sehingga pelayanan tetap berjalan di PN Banjarmasin. “Ya, ada seratus orang yang mengikuti rapid test di PN Banjarmasin,” ucap hakim muda ini.

Ketua PN Banjarmasin Sutarjo pun mengikuti rapid test Covid-19. Ia bersyukur difasilitasi untuk mengetes sampel yang ada di pengadilan dengan gratis.

“Tim medisnya langsung datang dari Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin. Kami hanya menyediakan tempat untuk rapid test ini,” kata Sutarjo.

BACA JUGA : Cukup Pakai e-Court MA, PN Banjarmasin Sediakan Perkara Perdata Online

Menurut dia, untuk tahap pertama ada 50 orang yang mengikuti rapid test. Selanjutnya, pada tahap kedua, giliran 50 orang yang bertugas di PN Banjarmasin akan diambil sampel darahnya untuk uji reaktif atau tidak terhadap Covid-19. Hal ini diberlakukan akibat keterbatasan tim medis yang diterjunkan.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.