Aktivis Garda Bangsa Bagi-Bagi Masker kepada Pekerja Lepas di Banjarmasin

0

PARA aktivis yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Kebangkitan Bangsa (Garda) Kalimantan Selatan turun ke jalan, pada Jum’at (10/4/2020) siang tadi. Menyasar pekerja lepas seperti tukang becak, pedagang kaki lima, serta anak-anak jalanan, mereka menggelar aksi bagi-bagi masker untuk meminimalisasi penyebaran covid-19 atau virus corona.

SEJUMLAH ruas jalan di Kota Banjarmasin mereka sisir. Seperti Jalan Jafri Zam-Zam, Banjarmasin Barat, yang dipenuhi pedagang pinggiran.

Menurut aktivis Garda Bangsa Kalsel, Muhammad Yusuf, aksi ini digelar sebagai bentuk kampanye melawan virus corona yang kian meluas. Kata dia, masih banyak pekerja yang beraktivitas tanpa menggunakan masker, sehingga berisiko terpapar Covid-19.

“Masker ini kita bagikan kepada para pekerja harian seperti paman becak, penjual es dan masyarakat lainnya ang selalu menjadi tulang punggung keluarga untuk memperoleh rejeki,” ucap Yusuf.

BACA: PKK Banjarmasin Sudah Cetak 15 Ribu Masker Untuk Dibagikan Kepada Warga Kurang Mampu

Di lain sisi, Yusuf juga mengajak pekerja lepas untuk lebih banyak berdiam di rumah ketika tidak ada keperluan penting, dan menerapkan pola perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), termasuk cuci tangan dengan air mengalir.

Terlebih, fasilitas umum sudah banyak menyediakan cuci tangan dan sabun bagi masyarakat.

“Kita bersama-sama ikut serta bersama sama memutus rantai virus Corona, salah satunya adalah dengan menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah,” tutup Yusuf. (jejakrekam)

Penulis Almin Hatta
Editor Ahmad Husaini

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.