Sempat Gunakan Jas Hujan, APD Langsung Dibagikan ke Puskesmas di Banjarmasin

0

SETELAH lama ditunggu, akhirnya alat pelindung diri (APD) yang dipesan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin untuk petugas medis sudah tiba.

JURU Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 di Banjarmasin, Machli Riyadi mengatakan, rincian APD yang datang adalah baju hazmat sebanyak 300 lembar (pcs), penutup kepala 500 pcs, masker bedah 1.000 buah, dan thermal gun 100 buah.

“Alhamdulillah APD yang pesanan Pemkot Banjarmasin sudah datang. Jadi di Banjarmasin tidak ada kendala lagi berkaitan dengan APD,” kata Machli Riyadi kepada awak media di Banjarmasin, Kamis (9/4/2020).

BACA : Tinggal Persetujuan Gubernur-Kemenkes, Walikota Ibnu Sina Ingin Terapkan PSBB

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin ini mengungkapkan, perlengkapan APD yang baru datang itu, sudah didistribusikan ke puskesmas-puskesmas yang ada di Banjarmasin pada Rabu (8/4/2020) kemarin.

Selain itu, Machli mengungkapkan, pihaknya juga menerima bantuan masker dari beberapa kalangan ataupun komunitas masyarakat.

“Mereka memberikan bantuan masker yang cukup banyak. Sehingga saat ini sudah sangat mencukupi,” terang Machli.

Dengan APD yang sudah dianggap mencukupi tersebut, Machli mengaku sangat bersyukur. Meski sebelumnya, ia sempat mengakui bahwa beberapa petugas medis di puskesmas sempat menggunakan jas hujan sebagai APD sementara.

BACA JUGA : Ruang Isolasi Berkapasitas 10 Orang, RSUD Sultan Suriansyah Siap Tampung Pasien Corona

“Tapi kita tetap apresiasi bahwa itu adalah bentuk kreativitas teman-teman di puskesmas, dan itu sudah sesuai dengan standar juga, jadi tidak ada masalah,” ujarnya.

Mantan Wakil Direktur RSUD Ulin ini juga tak henti mengimbau agar masyarakat Banjarmasin yang saat ini sedang sakit dan mengeluhkan batuk serta pilek untuk segera berobat di puskesmas.

“Setelah diperiksa di puskesmas, mereka itu harus melakukan karantina di rumah sendiri. Dan itu tentu sudah diberi obat sesudah diperiksa oleh dokter kita,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.