ACT

Banjarmasin-Kabupaten Banjar Mendominasi, Pasien Positif Covid-19 Kalsel Jadi 8 Orang

0 875

BERTAMBAH tiga lagi pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Totalnya kini ada 8 pasien yang tengan diisolasi akibat terjangkit virus Corona di rumah sakit rujukan provinsi, RSUD Ulin Banjarmasin.

EMPAT pasien terkonfirmasi itu berasal dari Banjarmasin. Ditambah tiga pasien rujukan Kabupaten Banjar, dan satu pasien asal Kabupaten Tabalong. Hal ini membuat tiga daerah ini masuk kategori zona merah.

Sementara, untuk pasien dalam pengawasan (PDP) data Satgas Darurat Covid-19 Provinsi Kalimantan Selatan per Selasa (31/3/2020), pukul 16.00 Wita, tercatat ada 8 orang.

Empat pasien dari Banjarmasin, dua pasien dari Banjarbaru, dan satu pasien masing-masing asal Kabupaten Tabalong dan Hulu Sungai Selatan (HSS) yang menjalani isolasi dengan pengawasan ketat tim medis.

BACA : Masuk Zona Merah Covid-19, Banjarmasin Diguyur Disinfektan

Bertambahnya tiga kasus positif Covid-19 ini diungkap Juru Bicara Tim Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan (P3) Covid-19 Kalsel, HM Muslim dalam siaran pers yang diterima jejakrekam.com, Selasa (31/3/2020).

“Untuk kondisi kesehatan pasien positif Ulin 1 semakin stabil, walau sudah dinyatakan terkonfirmasi berdasar hasil uji laboratorium dari Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan,” tutur Muslim.

Berbeda, beber dia, dengan kondisi pasien Ulin 9, wanita berusia 50 tahun asal Kabupaten Banjar hingga hari ke-8 masih tergolek lemah dan membutuhkan pernapasan lewat oksigen.

Begitu pula, masih menurut Muslim, pasien Ulin 10, laki-laki berusia 45 tahun asal Kabupaten Banjar sudah dirawat memasuki hari ketiga di RSUD Ulin. “Kondisi yang bersangkutan masih lemah dan juga memerlukan pasokan oksigen yang terpasang,” ucapnya.

BACA JUGA : Pemprov Kalsel Siapkan Dana Rp 56 Miliar Untuk Penanganan Covid 19

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalsel ini menambahkan pasien positif Covid-19 lain adalah Ulin 11 laki-laki (56 tahun) dari Banjarmasin yang tengah menjalani perawatan memasuki hari ke-9, dengan kondisi lemah dan masih membutuhkan oksigen.

“Sedangkan, pasien Ulin 13 laki-laki (21 tahun) asal Kabupaten Tabalong, kondisinya stabil,” ucapnya.

Muslim menambahkan untuk tiga pasien positif Covid-19 adalah PDP asal Kabupaten Banjar, jenis kelamin laki-laki berusia 41 tahun.

“Yang bersangkutan sudah dirawat selama lima hari, memang belum stabil, karena kadangkala harus menggunakan oksigen untuk memperlancar saluran pernapasannya,” urai Muslim.

Sedangkan, kata dia, untuk tambahan dua pasien positif Covid-19 sangat erat kontak fisik dengan pasien Ulin 1, sehingga keduanya dikategorikan Ulin K-1dan Ulin K-2. Untuk Ulin K-1 adalah laki-laki berusia 21 tahun dan wanita berusia 40 tahun asal Banjarmasin.

“Namun, keduanya tidak ada gejala klinis. Makanya, masih dilakukan isolasi mandiri,” ucap Muslim.

BACA JUGA : Banjarmasin-Kabupaten Banjar Dan Tabalong Zona Merah, Satgas Covid-19: Karatina Wilayah Dirumuskan!

Sedangkan, total orang dalam pemantauan (ODP) se-Kalsel terupdate mencapai 1.231 orang. Rinciannya, Banjarmasin terdapat 118 orang, Barito Kuala (Batola) terdata 63 orang, Kabupaten Tabalong (173), Tanah Laut (57), Kotabaru (109), Tanah Bumbu (71), Hulu Sungai Selatan (HSS) terekam 101 dan Hulu Sungai Tengah (HST) terpantau 91 orang.

Kemudian, disusul 37 warga Hulu Sungai Utara (HSU), 80 orang asal Kabupaten Balangan, kemudian 118 dari Kabupaten Banjar, dan di Kota Banjarbaru terdata 172 orang dan paling kecil dari Kabupaten Tapin, hanya 41 orang.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.