Pantau Kondusifitas Pemungutan Suara Di Barito Utara Melalui Vidcon

0

KABUPATEN Barito Utara turut dalam atmosfer pemungutan dan penghitungan suara. Oleh Pj Bupati Muhlis, kegiatan tersebut selalu dipantau kondusifitasnya melalui video conference, melalui ruang Gedung Sekretariat Daerah Muara Teweh, Rabu (14/2/2024).

9 kecamatan di Kabupaten Barito Utara selalau terpantau dari vidcon, dan monitoring sendiri dipimpin oleh Pj Sekda Barito Utara Drs Jufriansyah, dan diikuti oleh unsur FKPD, Asisten Setda, Kepala Perangkat Daerah, Ketua KPU, ketua Bawaslu dan undangan terkait lainnya.

Melalui vidcon ini, masing-masing camat menyampaikan laporan, yang dapat disimpulkan bahwa dari 9 kecamatan yang ada di wilayah secara keseluruhan berdasarkan pemantauan di seluruh TPS, proses pemungutan suara berjalan dengan lancar, aman dan damai sesuai dengan yang diharapkan.

BACA: Penjabat Bupati Barito Utara Beserta Jajaran Monitoring Pelaksanaan Pemilu

Dalam pemungutan suara tidak ada kendala yang berarti, meskipun dilaporkan bahwa di bebarapa kecamatan saat ini sebagian jalan dan jembatan mengalami banjir, namun keadaan air saat ini mulai melandai dan masih bisa dilalui masyarakat untuk pergi ke TPS.

Dilaporkan juga bahwa ada beberapa kecamatan yang mengalami kekurangan surat suara. Namun, hal itu tidak menghambat jalannya proses pemungutan suara dan telah mampu diatasi oleh petugas KPPS,
dengan membuat berita acara kekurangan surat suara sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Adapun jumlah TPS yang melaksanakan pemungutan suara dan perhitungan suara di Kabupaten Barito Utara sebanyak 458 TPS, presentase masyarakat yang berpartisipasi dalam pemungutan suara berkisar antara 80 sampai 85 persen.

Menanggapi laporan kekurangan surat suara ini, Ketua KPU Barito Utara Siska Dewi Lestari menyampaikan permasalahan terkait dengan kekurangan surat suara ini.

“Sebenarnya sudah kami teliti berulang kali dalam pengiriman surat suara ke kecamatan, tapi yang terjadi di lapangan mungkin faktor kelelahan anggota kami. Jadi ada sedikit kurang fokus, tapi saat ini kami langsung merespon keluhan ini,” katanya.

BACA JUGA: Penjabat Bupati Barito Utara Berikan Hak Suara Pada Pemilu 2024

Hal ini tidak menutup proses demokrasi tetap berjalan lancar, pihaknya juga minta tolong anggota KPPS dan KPU bisa melakukan pergeseran surat suara bisa dilakukan dengan meminta pada TPS terdekat yang merasa kekurangan suara di TPSnya.

“Kami ucapkan terimakasih kepada unsur tripika di 9 kecamatan yang udah melaporkan kendala ini melalaui vidcon ini,” katanya.

Sementara itu Pj Bupati Barito Utara Muhlis memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada semua camat, unsur tripika dan penyelenggara pemilu kecamatan atas terselenggaranya pesta demokrasi yang berjalan dengan lancar dan kondusif.

“Terimakasih kepada semua penyelenggara yang dengan berbagai permasalahan yg bisa di atasi bersama. Terimakasih juga kepada Kadis Kominfo karena jaringan sudah baik. Artinya daerah kita sudah tidak mengalami blankspot, sehingga komunikasi kita dengan semua kecamatan bisa berjalan dengan baik tanpa kendala jaringan,” tutup Muhlis.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.