Husairi Abdi

Nasdem dan PPP Kompak Dukung HAS di Pilbup Balangan

0

PETA dukungan partai politik  untuk pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Balangan Pilkada Balangan 2020 mulai terlihat.

NASDEM dan PPP sudah secara sah mengeluarkan rekomendasi mereka untuk pasangan H Abdul Hadi dan H Supiani, sedangkan bakal calon lain yakni, H Ansharuddin dan M Nor Iswan baru PKS yang memberikan rekomendasinya. Sedangkan parpol koalisi yang turut mendukung masih belum mengeluarkan rekomendasinya.

Rekomendasi Nasdem diserahkan ini sendiri langsung diserahkan oleh Ketua Bapilu NasDem Prananda Surya Paloh bersama Habib Syarif Abdullah Alkadri Ketua Bappilu Nasdem zona Kalimantan kepada H Abdul Hadi, belum lama tadi.

BACA: Golkar Buka Khusus Calon Wakil Bupati, Syaifullah Dan Abdul Hadi Merapat Ke Nasdem

Menurut Habib Syarif Abdullah Alkadri yang juga anggota DPR RI fraksi Nasdem ini, rekomendasi yang dikeluarkan partainya untuk pasangan HAS ini karena calon wakil bupati yang diusung merupakan kader Nasdem.

Alasan lain, menurut anggota DPR RI dua periode ini, juga berdasarkan dari hasil survei Charta Politika dan internal Nasdem dimana pasangan HAS menang di tujuh kecamatan yang ada di Kabupaten Balangan dan hanya kalah di satu kecamatan.

Dari 8 kecamatan sekabupaten balangan, secara persentase elektabilitasnya di atas 53 %, sedangkan petahana Ansharudin cuma 23 %”.   Sementara itu, H Abdul Hadi dan H supiani mengungkapkan, setelah pihaknya mendapatkan rekomendasi ini akan fokos turun ke lapapangan.

“Nasdem dan PPP masing-masing 3 dan 5 kursi, artinya kita sudah memenuhi syarat dukungan Parpol. Kami juga tentu sangat bersyukur dan beruntung mendapat dukungan Nasdem dimana mesin partainya sudah teruji,” bebernya.

BACA JUGA: Pilkada Balangan 2020, PKS Usung ANIS

Dilain pihak, dukungan DPD PKS Kalsel berupa surat rekomendasi dukungan terhadap pasangan Ansharuddin dan M Nor Iswan dengan slogan ANIS ini langsung diserahkah oleh Ketua DPP Wilda Kalimantan, Habib Aboe Bakar Al Habsy.

Menurut Habib Aboe Bakar Al Habsy, pemberian rekomendasi atau dukungan PKS ini tak terlepas dari popularitas, elektibelitas serta juga kinerja dari calon bupati yang merupakan petahana dalam Pilkada 2020 mendatang ini.

Beberapa pencapaian yang menurut anggota komisi III DPR RI ini, diantaranya telah membawa Pemkab Balangan mendapatkan penghargaan WTP dan menjadi kabupaten yang tercepat dalam penyaluran dana desa.

“Kalau pencapaian incumbent sudah di atas 50 persen itu layak maju lagi dan kalau di bawah 50 itu musibah, untuk maju tidak mudah,” ucap Habib Aboe Bakar Al Habsy.

Oleh karena itu, lanjut dia, PKS merasa penting bahwa inilah yang layak untuk pilihan PKS di Kabupaten Balangan.

Sedangkan Parpol pemilik kursi di DPRD Balangan, diluar PPP, PKS dan Nasdem hingga kini masih belum ada yang memberikan rekomendasi untuk pasangan peserta Pilkada.

Disisi lain, calon perseorangan (independen) Rija Jihadi dan M Arsyat dokumen  persyaratan untuk maju sebagai calon independen sudah diterima KPU tinggal dilakukan verifikasi guna menentukan memenuhi syarat atau tidak.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.