Beredar Nama Caleg Berhasil Melaju Ke DPRD Balangan, Ini Penjelasan KPU

0

SEHARI usai pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) berlangsung, nama-nama pemilik kursi panas DPRD Kabupaten Balangan, dari berbagai partai politik sudah beredar di media sosial (whatsapp).

NAMA-nama caleg yang berhasil menduduki kursi DPRD Balangan tersebut lengkap dari dapil 1, 2 dan dapil 3, meskipun pleno rekapitulasi perolehan suara tersebut baru ditingkat kecamatan.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakay dan SDM KPU Balangan, Wahyudinnor mengatakan saat ini hasil resmi rekapitulasi suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 baru di tingkat kecamatan, karenanya jika sudah ada nama caleg yang bakal menduduki kursi DPRD Balangan itu bukan resmi dari KPU Balangan.

BACA : Golkar Kalsel Optimis Pertahankan Kursi di Rumah Banjar

“Sah-sah aja ketika masing-masing parpol melakukan rekapitulasi atau quick count dalam internal partai,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (18/2/2024).

Tapi hasil akhir secara resmi bebernya tentu mengacu pada hasil pleno di tingkat kabupaten nanti.

Sehingga nama-nama tersebut belumlah pasti akan menduduki di kursi empuk DPRD Balangan.

Karenanya, kepastian para caleg itu bisa duduk di DPRD Balangan harus melewati proses sesuai prosedur yang berlaku hingga nanti diumumkan oleh KPU setempat.

Meski demikian, ucap Yudi mantan wartawan salah satu media besar di Kalsel ini, keakuratan quick count internal partai ini mencapai 80 persen.

BACA JUGA : 3 Kader Golkar Kalsel Diprediksi Melenggang ke Senayan

“Kalaunya hitungannya berdasarkan dari C hasil salinan yang didapat dr TPS kemungkinan cuma beda dikit,” ujarnya.

Untuk itu tegasnya, hasil resmi nama-nama caleg yang bakal menduduki 25 kursi DPRD Balangan tunggu pleno Kabupaten yang akan digelar akhir Februari nanti.

Berikut nama-nama yang beredar di media sosial sementara ini, untuk dapil satu, yang terdiri dari 11 kursi diisi caleg dari partai Nasdem sebanyak tiga kursi, yakni M Rizkan, H Bustani dan M Rizani.

BACA LAGI : Kalah Suara Dengan Caleg Lain, Rabbiansyah Pinta Program Unggulan untuk Masyarakat Dilanjutkan

Dapil 1 juga diisi oleh politisi partai PPP 3 kursi, Hj Sri Huriyad, Dimas Royandi dan Ahmad Baihaki. Partai Demokrat dua kursi Syaiful Arif dan Syamsuddin. Partai PKS satu kursi yakni Hafis Ansari dan dari PAN satu kursi M Syaibani.

Sementara itu Dapil 2 dengan 7 kursi  diisi oleh partai PPP dengan dua kursi yakni M Ifdali dan Supianor, kemudian Gerindra satu kursi H M Hayatuddin, Nasdem satu kursi H Rusdi, PDIP satu kursi Hanil Tamjid, Golkar satu kursi Didi S, dan PAN Nor Sita Maulida.

Selanjutnya dapil 3 dengan 8 kursi diisi  partai PPP dengan dua kursi  yakni H Linda Wati dan Pahrul, kemudian Golkar satu kursi Nur Fariani, Nasdem satu kursi  H Dimas Febriandie,  PKS satu kursi Syahbudin, Demokrat satu kursi Wahyudi Azhari,  PAN satu kursi Fathurahman dan PDIP satu kursi Ahmad Fauzi.(jejakrekam)

Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.