Deputi Gubernur BI Mengukuhkan Kepala KPW BI Kalsel

0

AMANLISON Sembiring dipercaya menjadi Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPW BI) Provinsi Kalsel, menggantikan pejabat KPW BI Kalsel sebelumnya, Herawanto yang menjadi Kepala KPW BI Jawa Barat.

DALAM serah terima jabatan tersebut juga sekaligus secara resmi dilakukan pengukuhan langsung oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo, Jumat (6/3/2020), di Aula Mahligai Pancasila.

Pada kesempatan itu Dody Budi Waluyo berharap, Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPW BI) Provinsi Kalsel dapat ikut menjaga kepercayaan masyarakat maupun pelaku usaha terhadap kondisi ekonomi yang ada di Indonesia saat ini.

BACA: BI Kalsel Siap Menggelar Even QRIS Nasional 2020 Di Banjarmasin

“Menyikapi penyebaran virus corona yang sampai ke Indonesia, hal harus kita akui cukup berimbas negatif kepada perekonomian beberapa waktu terakhir, namun begitu kami pastikan ini hanya sementara dan tugas KPW BI Kalsel adalah dapat menyampaikan hal tersebut kepada masyarakat dan pelaku usaha,” tegasnya.

Pada Triwulan II Tahun 2020, seiring upaya pemerintah maupun dunia dalam menyelesaikan permasalahan virus Corona, BI meyakini perekonomian Indonesia akan kembali tumbuh meningkat.

“Kita optimis saja ekonomi Indonesia bisa tetap tumbuh tahun ini. Namun memang perlu waktu untuk menggeliatkannya kembali, jadi masyarakat maupun pelaku usaha tidak perlu risau,” tambahnya.

Untuk meningkatkan kembali perekonomian di Indonesia khususnya Kalsel, pihaknya menghimbau agar KPW BI Kalsel untuk terus dapat melakukan koordinasi  maupun langkah-langkah strategis agar pertumbuhan ekonomi di Triwulan I tidak terperosok begitu dalam.

“Salah satu caranya adalah dengan tetap menjaga angka inflasi di Kalsel pada level yang masih wajar. Ini nanti harus dilakukan kordinasi melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) bersama steakholders terkait,” ujarnya.

Lalu langkah lainnya adalah tetap berupaya pembinaan terhadap pelaku UMKM agar mereka bisa mengembangkan bisnisnya. Hal ini penting mengingat ditengah kondisi ekonomi yang kurang baik sekarang, UMKM adalah motor pergerak roda perekonomian yang masih bisa tetap diandalkan.

“Dorong UMKM di Kalsel agar bisa naik kelas melalui pemanfaatan teknologi. Ini penting agar mereka tidak kalah bersaing,” harapnya.

BACA JUGA:  Susuri Sungai Hingga Kalteng, BI Sosialisasikan Transaksi Non Tunai

Sebelumnya, Kepala KPW BI) Provinsi Kalsel Amanlison Sembiring berkomitmen untuk meningkatkan kordinasi dengan steakholders terkait dalam rangka menghadapi isu virus corona yang cukup membuat ekonomi di Indonesia maupun Kalsel terimbas negatif.

Dirinya pun dalam kesempatan ini berharap masyarakat Banua untuk tidak perlu berlebihan dalam menanggapi virus corona yang kini masuk ke Indonesia. Hal ini menurutnya penting, karena jika masyarakat menyikapinya secara berlebihan, dapat ikut membuat kondisi ekonomi di Banua terimbas negatif.

“Misalnya karena menyikapinya berlebihan, membuat aksi borong kebutuhan pokok dipasaran meningkat. Ini kan tentu tidak baik bagi ekonomi Kalsel, karena hal tersebut dapat memicu inflasi,” tuturnya.

Saat ini Pemerintah Provinsi juga sudah gencar melakukan antisipasi agar virus corona tidak masuk ke  Kalsel. Jadi menurutnya masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan masalah virus corona secara berlebihan.

“Sikapi masalah ini dengan bijak, baik itu dengan melakukan langkah pencegahan dengan memakai masker, memeriksa kondisi tubuh secara rutin maupun meningkatkan kekebalan tubuh dengan berolahraga. Ini jauh lebih efektif ketimbang melakukan aksi borong kebutuhan pokok,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.