7 Kapal Siap Angkut Pemudik di Pelabuhan Trisakti

0

MENGANTISIPASI kemungkinan terjadinya lonjakan penumpang jelang Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah, di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, koordinasi pun dilakoni semua pemangku kepentingan. Salah satunya adalah mendirikan posko terpadu di pelabuhan yang berada di tepian Sungai Barito itu.

KEPALA Bidang Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhan, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banjarmasin H Baharlan meyakini lonjakan pemudik yang menggunakan kapal laut diprediksi akan meningkat 3 persen dari tahun sebelumnya.“Jumlah pemudik yang menggunakan jasa angkutan laut tahun 2016 lalu, sekitar 21 ribu orang. Tahun ini jumlah itu diprediksi akan meningkat,” ucap Baharlan kepada jejakrekam.com, Sabtu (17/6/2017).

Ia menjelaskan  untuk memperlancar arus mudik tersebut telah disiapkan 7 buah kapal laut komersil, di antaranya milik perusahaan pelayaran PT Dharma Lautan Utama dan PT Pelni. “Jika nanti lonjakan jumlah pemudik melebih kapasitas maksimal, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Banjarmasin. Kami akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan TNI AL, sebagaimana yang pernah dilakukan pada arus mudik tahun 2015 lalu,” tutur Baharlan.

Disinggung soal kelayakan 7 armada angkutan laut tersebut,  Baharlan memastikan telah melakukan uji kelayakan terhadap moda transportasi laut antar pulau, khususnya Banjarmasin-Surabaya itu. “Semua sudah layak untuk mengangkut pemudik,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis : Muji Setiawan

Editor   : Didi G Sanusi

Foto      : Borneo News

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.