Tim Jibom Brimob Polda Kalsel Ledakkan Kotak Hitam yang Diduga Bom

SETELAH dilakukan penanganan secara khusus sesuai standar operasional presedur (SOP, akhirnya kotak hitam diduga bom di di halaman toko Sherina Mabu’un, Tanjung diledakkan tim penjinak bom (Jibom) Group C Satuan Brimob Polda Kalsel, Minggu (5/5/2019).

ANGGOTA Tim Jibom Satuan Brimob Polda Kalsel,  Ipda Zainul Arifin mengungkapkan pihaknya telah melakukan analisa dengan menggunakan peralatan khusus pendeteksi bom. Yakni dengan melakukan X-ray dan menggunakan open vision dan test scan.

“Sebelum diledakkan di tengah jalan protokol, lokasi peledakan sudah dilakukan sterilisasi,” ujar Zainul Arifin.

Dari hasil X-ray, menurut Zainul,  disimpulkan terdapat sejumlah material berupa kabel dan alat yang diduga sebagai konektor. “Dari hasil X-ray tersebut kami simpulkan bahwa di dalamnnya ada beberapa rangkaian kabel dan mungkin juga ada konektornya,” ujarnya.

Demi mengurangi risiko besar, Tim Jibom Satuan Brimob Polda Kalsel memutuskan untuk meledakkan kotak misterius itu. Selanjutnya, kotak hitam dibawa dan ditaruh di tengah jalan, dengan hitungan mundur, kotak mencurigakan itu pun diledakkan.

“Setelah dipastikan aman bangkai kotak tersebut dievakuasi menggunakan mobil untuk selanjutnya dipelajari lebih khusus,” ujar Zainul.

BACA: Kotak Diduga Berisi Bom, Warga Mabuun Murung Pudak Geger

Meski sudah diledakkan, namun mengenai apa isi dalam kotak misterius tersebut, Tim Jibom Satuan Brimob Polda Kalsel yang mengenakan seragam hitam dan lengkap pengamanan anti bom, belum dapat memberikan keterangan lebih lanjut. Zainul menambahkan pihaknya akan melakukan pemeriksaan dan mengurai lebih lanjut terkait isi kotak hitam tersebut.

Ia mengatakan untuk informasi lebih akurat pihaknya akan menjelaskan lagi pada keterangan berikutnya.

Sebelumnya diberitakan penemuan kotak hitam mencurigakan berisi kabel yang diduga adalah bom disalah halaman parkir Toko Sherina Jalan PM Noor Mabuun Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Minggu (5/5/2019) dinihari.

BACA JUGA : Kapolda : Ancaman Teroris Tantangan Brimob ke Depan

Temuan kotak hitam misterius tersebut sempat menggegerkan warga sekitar, yang akhirnya ditangani khusus oleh Polres Tabalong dengan dibantu oleh Tim Jibom Satbrimob Polda Kalsel. Sedangkan, Reza, warga Tanjung justru melihat kotak itu seperti wadah make upyang biasa dipakai perias penganten untuk membawa alat-alat make up.(jejakrekam)

 

Penulis Herry Yusminda
Editor Didi GS